Shanghai (ANTARA News) - Investor asing kini memiliki akses ke pasar emas Tiongkok, setelah bursa emas Shanghai atau Shanghai Gold Exchange (SGE) meluncurkan papan perdagangan internasional pada Kamis.

Papan perdagangan berdenominasi yuan diluncurkan di Percontohan Zona Perdagangan Bebas (Free Trade Zone) Shanghai, untuk mendorong partisipasi asing di pasar emas yang dikendalikan ketat di Tiongkok.

"Papan internasional telah membuat pasar emas Tiongkok terbuka secara nyata," kata Xu Luode, ketua SGE, menambahkan bahwa partisipasi asing dan meningkatnya volume perdagangan akan membuat Tiongkok menjadi pasar internasional riil.

Papan internasional yang baru diharapkan menantang pasar emas terkemuka London dan New York saat ini. Sejauh ini, pasar emas Tiongkok telah menarik puluhan anggota asing, termasuk bank-bank komersial dan investasi internasional yang terkenal.

Ini adalah pertama kalinya di pasar modal Tiongkok bahwa investor asing dapat berpartisipasi dalam investasi dan perdagangan produk berdenominasi yuan tanpa batasan modal, kata seorang dealer bank yang tidak bersedia disebutkan namanya, demikian laporan Xinhua.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014