Mukomuko (Mukomuko) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana memasang sebanyak 120 titik rambu untuk jalur evakuasi tsunami di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

"Rambu jalur evakuasi yang akan dipasang oleh BNPB, itu untuk penunjuk arah titik pengungsian warga dari bencana tsunami," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Minggu.

Pemasangan rambu-rambu jalur evakuasi tsunami itu, kata Ramdani, dilaksanakan dalam tahun anggaran 2014.

Ia menjelaskan, titik jalur evakuasi yang akan dipasang rambu-rambu tersebar di seluruh kecamatan, kabupaten setempat.

"Untuk titik pemasangan rambu jalur evakuasi tsunami, kami dari BPBD yang memberikan data. Selanjutnya, pihak BNPB sendiri yang akan memasangnya," ujarnya.

Menurut dia, BNPB yang langsung melakukan pemasangan rambu jalur evakuasi tsunami di daerah itu karena kegiatan pengadaan dan pemasangannya dari pusat. Kabupaten ini hanya menerima barang saja.

Ia menerangkan bahwa titik yang dipasang rambu jalur evakuasi tsunami itu berada di persimpangan di setiap wilayah dekat dengan pantai yang arahnya menuju ke tempat yang lebih tinggi.

"Tempat yang menjadi tujuan rambu jalur evakuasi itu adalah tempat pengungsian sementara warga menghindari bencana tsunami," ujarnya.

Selain BNPB, ia menambahkan, BPBD setempat juga akan memasang rambu jalur evakuasi dan rambu untuk menunjukkan arah titik kumpul terakhir warga dari ancaman bencana tsunami. (*)

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014