... melalui tendangan bebas yang melewati pagar pemain dan gagal dihentikan Davide Bassi... "
Milan (ANTARA News) - Juara bertahan Juventus merestorasi keunggulan tiga angka mereka di puncak klasemen Liga Italia pada Sabtu dengan kemenangan 2-0 di markas Empoli, ketika rival terdekatnya AS Roma takluk 0-2 dari Napoli.

Pada pertandingan Sabtu malam, Inter kalah 0-2 di markas Parma.

Andrea Pirlo dan Alvaro Morata mencetak gol-gol bagi Juventus dalam rentang waktu 11 menit di babak kedua pada pertemuan pertama antara kedua tim ini sejak 2008.

Pirlo membuka keunggulan Juve dengan gol pertamanya musim ini, melalui tendangan bebas yang melewati pagar pemain dan gagal dihentikan Davide Bassi di gawang Empoli.

Mantan pemain Empoli Claudio Marchisio kemudian memiliki peluang yang mengenai tiang gawang, sebelum mantan bintang Real Madrid Morata mengubah skor menjadi 2-0 melalui tendangan melengkung kaki kiri.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, sepakan spektakuler dari Gonzalo Higuain dan gol larut Jose Callejon membawa Napoli enang 2-0 atas kandidat juara Roma yang membawa pasukan Rafael Benitez naik ke peringkat ketiga.

Sementara itu Parma meninggalkan dasar klasemen berkat kemenangan mengejutkan 1-0 atas Inter Milan, yang memelihara rekor tidak pernah menang dalam tiga pertandingan beruntun di bawah asuhan pelatih Walter Mazzarri.

Gelandang Paolo De Ceglie mencetak kedua gol untuk pasukan Roberto Donadoni, pada menit kelima dan menit ke-76 untuk mengamankan kemenangan kedua timnya pada musim ini.

Napoli dan Roma bertemu di markas Napoli Stadion San Paolo untuk pertama kalinya sejak kematian Ciro Esposito (31), penggemar Napoli yang dibunuh penggemar Roma garis keras pada perkelahian yang terjadi pada final Piala Italia Mei silam.

Sekitar 600 polisi disiagakan di dalam dan di sekitar stadion, namun drama lebih banyak terjadi di dalam lapangan ketika Napoli mendominasi permainan untuk mengembalikan permainan terbaik mereka menyusul start sulit di musim ini.

"Telah lama saya katakan bahwa kami memerlukan waktu untuk mengambil satu pertandingan. Saya tidak layak mendapat kredit untuk kemenangan ini, semua milik para pemain," kata Benitez kepada Sky Sport.

Napoli menguasai babak pertama dan Higuain membuat tuan rumah unggul pada menit ketiga melalui sepakan akrobatik yang tidak dapat dihentikan kiper Roma Morgan De Sanctis dari dalam kotak penalti.

Itu merupakan gol kelima pemain Argentina ini dalam sepekan, di mana Higuain mencetak trigol pada akhir pekan silam saat mereka menang 6-2 atas Verona dan satu gol dari titik penalti saat mereka bermain imbang 1-1 di kandang Atalanta pada tengah pekan.

Higuain menjadi pengumpan bagi Callejon untuk menjadi gol kedua Napoli lima menit sebelum pertandingan usai, untuk mengesahkan kembalinya mereka ke permainan terbaik menyusul start mengecewakan di musim ini.

"Napoli merupakan yang terkuat. Tim terbaik menang," kata pelatih Roma Rudi Garcia.

"Pada awalnya kami mendapati pendekatan kami semuanya keliru. Pada babak pertama kami kesulitan untuk memenangi tekel-tekel kami."

Garcia mengakui Roma mengalami "masalah mental."

"Ini pertama kalinya hal itu terjadi, namun kami harus meyakinkan ini menjadi yang terakhir kalinya," tambahnya.

Napoli semestinya telah dapat mengamankan kemenangan mereka sebelum babak pertama usai.

Bagaimanapun Insigne menyia-nyiakan dua peluang bagus, sedangkan Callejon melepaskan tembakan yang membentur mistar gawang Roma dan peluang lain yang dimilikinya melebar.

Terlepas dari dua peluang yang dimiliki Alessandro Florenzo pada menit ke-60, Roma kesulitan untuk menghadirkan ancaman nyata pada babak kedua, sehingga Garica mengganti sayap kanan dan kapten Francesco Totti dengan Juan Iturbe dan Mattia Destro pada menit ke-65.

Bagaimanapun, kehadiran mereka gagal memberi dampak kepada Roma yang mendapati dirinya menelen kekalahan kedua di musim ini, ketika Radja Nainggolan dijinakkan oleh Walter Gargano.

Higuain, yang gagal mencetak gol dalam delapan pertandingan liga Napoli, melepaskan bola sempurna kepada Callejon untuk menaklukkan De Sanctis dari tepi kotak penalti untuk menjadi gol kedua Napoli lima menit sebelum pertandingan usai.

Itu merupakan gol kedelapan Callejon musim ini dan membuat sang pemain Spanyol memuncaki daftar pencetak gol liga.

Kemenangan kelima Napoli dari sepuluh pertandingan ini mengangkat mereka ke peringkat ketiga, namun tertinggal tujuh angka dari Juventus.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014