Jakarta (ANTARA News) - Pembangunan jalan menuju lokasi hunian tetap pengungsi Sinabung terus dilakukan dari empat segmen jalan sepanjang 9,2 km di lahan relokasi sudah menunjukkan hasil dan pembangunnya terus dikebut.

"Semua pekerjaan akan terus dilakukan dengan cepat untuk pembangunan relokasi tetap para pengungsi Gunung Sinabung," Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, pada segmen pertama yaitu perbaikan jalan masuk yang sudah rusak sepanjang 2,7 km, saat ini sudah dilakukan hamparan sirtu dan dolomit sepanjang 350 meter atau capaian 20 persen.

Sedangkan untuk segmen kedua, yaitu perbaikan jalan tanah yang sudah ada 0,7 km sudah mencapai 30 persen. Segmen ketiga yaitu pembuatan jalan pada kawasan hutan sepanjang 3,8 km dilakukan pembentukan jalan lebar 12 meter dan pembersihan jalan mencapai 25 persen.

Kemudian disegmen keempat yaitu pembuatan jalan menuju huntap sepanjang dua km masih dilakukan pembersihan dan pencabutan tonggak kayu. Penebangan pohon untuk pemukiman sudah mencapai 15 hektar.

"Diharapkan pada November ini perbaikan jalan 9,2 km untuk akses kendaraan dan pembangunan 50 unit rumah dapat diselesaikan," tuturnya.

Terus dikatakannya sedangkan untuk 320 unit rumah dan pembangunan jalan 9,2 km dalam kondisi baik dapat diselesaikan pada Desember 2014.

"Semoga semua pembangunan ini terus berjalan dengan dan tanpa ada gangguan ataupun kendala di lapangan agar semua bisa dipergunakan dengan baik," ucapnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014