Saya terkejut saat mendengar kabar itu dan kami mengharapkan yang terbaik untuk Philipp Lahm...
Berlin (ANTARA News) - Pemuncak klasemen Liga Jerman Bayern Munich perlu menyesuaikan diri dengan absennya kapten Philipp Lahm ketika mereka menjamu Hoffenheim pada Sabtu, menjelang pertandingan Liga Champions di kandang Manchester City pada pekan depan.

Lahm harus absen untuk tiga bulan mendatang setelah mengalami cedera pergelangan kaki saat berlatih, sehingga pelatih Pep Guardiola kehilangan salah satu aset kuncinya, baik untuk posisi bek kanan atau gelandang bertahan.

"Saya terkejut saat mendengar kabar itu dan kami mengharapkan yang terbaik untuk Philipp Lahm, namun tidak ada tempat untuk berduka atau sentimen," kata direktur olahraga Bayen Matthias Sammer seperti dikutip AFP.

"Kami perlu mengatasinya dan tetap menatap ke depan, sejumlah pemain di posisi sayap sekarang memiliki peluang untuk membuktikan diri mereka."

Bayern tidak terkalahkan dalam 15 pertandingan liga terakhir dan mereka unggul empat angka di puncak klasemen, dan Hoffenheim akan menjadi gladi bersih bagi pertandingan level Eropa yang berlangsung pada Selasa di Manchester.

Tim Bavaria itu telah melaju ke fase sistem gugur Liga Champions dan dinyatakan menjadi juara grup dengan menyisakan dua pertandingan yang belum dimainkan.

Guardiola akan perlu merombak sektor gelandang bertahannya untuk mendampingi Xabi Alonso, namun terdapat rumor-rumor yang menyebutkan bahwa bintang Jerman Bastian Schweinsteiger berpeluang kembali tampil setelah pulih dari cedera lutut yang memaksanya absen sejak final Piala Dunia.

Bayern akan dapat memainkan kiper Manuel Neuer, setelah ia absen saat Jerman menang 1-0 atas Spanyol pada pertandingan persahabatan Selasa silam akibat mengalami cedera lutut.

Hoffenheim memaksakan hasil imbang 3-3 pada lawatan terakhir mereka di ajang liga ke Allianz Arena pada Maret dan saat ini menghuni peringkat kelima di klasemen.



Bintang terkini

Namun pelatih Markus Gisdol tidak menganggap banyaknya pemain Bayern yang cedera, termasuk Javi Martinez, Thiago Alcantara, Holger Badstuber, plus dua bek sayap Lahm dan David Alaba membuat lawannya itu melemah.

"Bayern memiliki jenis tim di mana menjadi masalah siapa yang bermain," kata Gisdol.

"Jika Anda kalah 0-4, 0-5, atau bahkan 0-6 di Munich, maka itu sangat normal."

Hoffenheim berniat bangkit setelah kalah pada dua pertandingan terakhirnya, namun mereka memiliki bintang terkini asal Brasil di tim mereka, penyerang Roberto Firmino, yang mencetak gol kemenangan saat negaranya menang 2-1 atas Austria pada Selasa.

Rival terdekat Bayern, tim peringkat kedua Wolfsburg, mengejar kemenangan keenam secara beruntun di markas Schalke 04 pada Sabtu.

Pemain sayap asal Belgia Kevin de Bruyne berada dalam penampilan menawan, dengan menciptakan empat gol pada dua pertandingan terakhir mereka.

Schalke turun ke peringkat ke-11 di klasemen setelah kerap tampil tidak menentu pada musim ini, namun pelatih Wolfsburg Dieter Hecking tidak memandang remeh lawannya.

"Saya mengukur Schalke bukan pada 14 angka dan peringkat ke-11 mereka di klasemen, namun apa yang dapat mereka raih," ucapnya.

Pada bagian lain di klasemen, tim peringkat ke-15 Borussia Dortmund bersiap menyambut kembalinya pemain sayap Jerman Marco Reus setelah sang pemain mengalami cedera pergelangan kaki, ketika mereka berupaya meninggalkan zona degradasi saat melawan Paderborn.

Reus absen pada beberapa pertandingan terkini Jerman, namun ia berpeluang kembali saat Dortmund bertekad untuk membuktikan bahwa kemenangan 1-0 mereka atas tim peringkat ketiga Borussia Moenchengladbach, yang menyudahi rekor lima kekalahan beruntun mereka, bukan kebetulan belaka.

"Kami tahu mengenai sulitnya pertandingan ini, namun kami juga melihat peluang-peluang yang menguntungkan kami," kata pelatih Dortmund Jurgen Klopp.

Ia tidak dapat memainkan tiga gelandang yakni Nuri Sahin, Jakub Blaszczykowski, dan Oliver Kirch di Paderborn, sedangkan Sokratis Papastathopoulos sedang diskors dan sesama bek tengah Mats Hummels juga masuk daftar pemain cedera.

Pelatih sementara Werder Bremen Viktor Skripnik memburu kemenangan ketiganya secara beruntun pada derby Jerman utara yang berlangsung pada Minggu, ketika timnya dijamu Hamburg di mana kedua tim menghuni tiga posisi terbawah.



Jadwal pertandingan Liga Jerman (semua dimainkan pukul 14.30 GMT kecuali disebutkan berbeda):



Sabtu

Bayern Munich vs Hoffenheim, Schalke vs Wolfsburg, Borussia Moenchengladbach vs Eintracht Frankfurt, Mainz vs Freiburg, Hanover 96 vs Bayer Leverkusen, Paderborn vs Borussia Dortmund, Cologne vs Hertha Berlin (17.30)



Minggu

Hamburg vs Werder Bremen, VfB Stuttgart vs Augsburg (16.30)

(H-RF)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014