Pemerintah mendorong partisipasi masyarakat, kelompok dan pelaku wisata, serta institusi pendidikan untuk mencapai Samosir menjadi tujuan wisata,"
Samosir, Sumut (ANTARA News) - Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, mencatat sedikitnya 111.977 wisatawan dari nusantara dan mancanegara mengunjungi objek wisata di Negeri Indah Kepingan Surga ini sepanjang 2014.

"Keadaan itu sampai September 2014," kata Sekretaris Dinas Parsenibud Samosir, Amon Sormin, Minggu.

Amon menyatakan, tingkat kunjungan wisata dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, seiring dengan kegiatan dan program pengembangan sebagai daerah tujuan wisata.

Data di Dinas Parsenibud, dimulai tahun 2005 tercatat 28.286 orang, dan pada tahun 2013 mencapai angka 149.779, dengan pengambilan data dari hotel dan tempat objek wisata.

Peningkatan jumlah kunjungan ini kata Amon, tidak terlepas dari upaya melaksanakan erbagai event kesenian, kebudayaan dan olahraga yang menjadi agenda tahunan, dan dilaksanakan dalam bulan berbeda.

"Seperti Horas Fiesta Samosir. Kami memakai konsep bertahap dalam penyelenggaraanya, bukan sekali gelaran, sehingga pengunjung datang berkali-kali," kata Amon.

Pemerintah Kabupaten Samosir kata Amon, juga komitmen mengembangkan 92 lokasi objek wisata di delapan kecamatan dan membina sikap, perilaku dan mental masyarakat setempat untuk melayani pengunjung.

"Pemerintah mendorong partisipasi masyarakat, kelompok dan pelaku wisata, serta institusi pendidikan untuk mencapai Samosir menjadi tujuan wisata," kata Amon.

Pewarta: Waristo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014