Samosir (ANTARA) - Pembalap jetski asal Hungaria Gyorgy Kasza muncul sebagai nama baru yang menyandang gelar juara pada balap endurance Kejuaraan Dunia Jetski Aquabike 2023 seri ketiga yang berlangsung di Waterfront City Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Jumat.

Kasza menyabet juara kategori endurance Aquabike di Samosir dengan mengoleksi angka penuh 50 poin, berbekal dari kemenangan pada dua race yang dimainkan dengan skor masing-masing 25 poin.

Pembalap bernomor punggung 15 itu menunjukkan kebolehannya pada seri balapan terakhir di kategori endurance dengan mengalahkan pesaing dari Amerika Serikat Anthony Radetic di posisi kedua, dan Rashed Al Tayer asal Uni Emirat Arab di posisi ketiga.

Pada dua seri endurance sebelumnya, Kasza tak memperlihatkan aksi menonjol. Saat tampil di seri pembuka di Karo, Rabu, Kasza mengakhiri balapan dengan berada di peringkat ke-4 dengan mengoleksi 34 poin.

Baca juga: Bruno kembali juarai kategori endurance di seri Aquabike Dairi

Namun pada seri kedua di Dairi, posisinya melorot jauh dengan berakhir di posisi ke-19 dengan nirpoin.

Baru lah pada seri penutup endurance di Samosir, Kasza tampil meyakinkan dengan melaju cepat sesaat race 1 dimulai. Ia meninggalkan lawannya dan menghabiskan durasi balap 30 menit dengan melakukan putaran sebanyak 20 lap.

Kasza mempertahankan dominasinya pada race 2 dengan kembali meraih kemenangan dan bahkan mampu menambah hasil putarannya menjadi 21 lap.

Dominasi Kasza pada dua race yang dimainkan tersebut, memastikan langkahnya menuju podium tertinggi tak terhalangi oleh pesaing lain.

Di bawah Kasza, ada Anthony yang menorehkan 38 total poin dan harus puas bertengger di peringkat kedua. Sedangkan Rashed juga menorehkan poin imbang dengan Anthony yaitu 38 poin.

Namun Rashed berada di bawah pembalap Amerika Serikat itu karena kalah jumlah lap dalam balapan hari ini. Anthony unggul tipis dengan menyelesaikan total 41 lap, sedangkan Rashed hanya 40 lap.

Baca juga: Markaio ingin cari ilmu pada ajang endurance Aquabike di Karo
Baca juga: Pemecahan rekor MURI Tari Cawan ramaikan agenda Aquabike di Dairi
Baca juga: Samosir nantikan bibit atlet jetski lokal usai ajang Aquabike

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023