Samosir (ANTARA) - Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, optimistis memunculkan bibit-bibit atlet jetski lokal setelah pelaksanaan agenda Kejuaraan Dunia Jetski Aquabike 2023 kategori endurance yang berlangsung pada 24 November di Danau Toba.

Harapan tersebut diungkapkan Bupati Samosir Vandiko T Gultom, yang menilai bahwa pelaksanaan kegiatan olahraga bertaraf internasional tersebut memberikan dampak ekonomi dan sosial secara langsung.

"Harapannya tentu ke depan akan ada local champion dari Samosir dan bisa membawa nama baik Indonesia di cabang olahraga jetski dunia," ujar Vandiko jelang pelaksanaan sesi balap endurance di Waterfront City Pangururan, Samosir, Jumat.

Menurut Vandiko, kabupatennya punya potensi besar untuk melahirkan atlet jetski lokal di Sumatera Utara, mengingat Kabupaten Samosir sudah lekat dengan penyediaan jasa pariwisata akuatik.

Ia turut mengimbau para pelaku usaha jetski juga bersedia memberikan pelatihan dasar terkait teknik dan metode berkendara kendaraan air tersebut.

"Masyarakat di Danau Toba khususnya Samosir sudah familiar dengan jetski. Tentu dengan adanya event ini, ke depan kami harapkan para pelaku usaha jetski bisa lebih semangat untuk melakukan pelatihan pada warga sekitar untuk didorong jadi atlet," Vandiko menjelaskan.

Baca juga: Bupati harap wisata jetski Samosir makin menggeliat usai Aquabike 2023

Pemahaman Kabupaten Samosir pada cabang olahraga jetski turut terlihat dari persiapan yang dilakukan sebagai tuan rumah ajang endurance Aquabike 2023.

Meski hanya berlangsung satu hari, namun Waterfront City Pangururan menjadi basecamp bagi para pembalap selama berlaga di tiga lokasi di sekitar Danau Toba.

Panitia bahkan mendirikan paddock bagi tim pembalap di Waterfront City Pangururan untuk melakukan segala persiapan dan perbaikan jetski jelang sesi balap.

Bahkan para pembalap endurance yang terdiri atas 22 peserta dari dalam dan luar negeri itu, melakukan perjalanan dari Samosir menuju Kabupaten Karo dan Kabupaten Dairi via Danau Toba untuk melaksanakan balapan pada hari pertama dan kedua.

Vandiko mengaku bahwa kabupatennya menaruh totalitas dalam mendukung kesuksesan Kejuaraan Dunia Jetski Aquabike 2023 di Danau Toba.

"Kami dari Pemkab Samosir siap dari segi pendanaan, teknis, promosi, hingga lokasi untuk menggelar acara Aquabike ini. Juga dari segi masyarakat sudah kami edukasi, disertai peningkatan kualitas SDM agar siap menerima wisatawan," pungkas Vandiko.

Baca juga: Pj Gubernur: Kesuksesan Aquabike 2023 buat Danau Toba semakin mendunia

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023