...total 31.452 seat untuk penambahanan...
Jakarta (ANTARA News) - PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) Daerah Operasi I Jakarta menambah armada kereta menjelang liburan Natal dan tahun baru.

"Kami menambah tujuh rangkaian kereta api tambahan, sebanyak 3.636 seat dalam satu hari, jadi total 31.452 seat untuk penambahanan," kata  kata Agus Komarudin, humas KAI DAOP I Jakarta, saat dihubungi ANTARA News, Senin.

Untuk perjalanan reguler, Agus mengatakan, saat ini terdapat 56 rangkaian kereta api dengan total kursi 27.978 yang mencakup kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. (Simak juga di sini 500 kursi masih tersedia di Stasiun Gambir dan Pasar Senen)

Tidak hanya penambahan armada kereta api, KAI juga menambah petugas keamanan, baik di stasiun, di dalam kereta maupun pengamanan diperlintasan kereta api demi meningkatkan keamanan jelang Natal dan tahun baru. (Diperkirakan dalam libur Natal dan tahun baru, jumlah penumpang kereta api mencapai 3,8 juta orang)

"Faktor keselamatan paling penting, apalagi dalam cuaca seperti ini, kami menempatkan petugas ekstra diperlintasan kereta api," ujarnya.

Selain itu, menurut Agus, KAI juga membentuk posko-posko di daerah-daerah yang rawan banjir dan sering terjadi pohon tumbang.

"Kita juga tempatkan peralatan lokomotif dan suku cadang di poko-posko rawan bencana," katanya.

"Penjagaan di stasiun 24 jam, di atas kereta api selain ada polisi kereta juga ada dari pihak TNI dan kepolisian," pungkas Agus.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014