Amman (ANTARA News) - Pangeran Ali bin Al Hussein dari Yordania mengatakan akan mencalonkan diri melawan Sepp Blatter untuk mengetuai badan sepak bola dunia FIFA.

Berikut adalah lima fakta mengenai pangeran berusia 39 tahun yang kini wakil presiden FIFA untuk Asia, seperti dikutip AFP:

1. Setelah satu dekade memimpin federasi sepak bola Yordania, dia menjadi anggota termuda Komite Eksekutif FIFA pada usia 35 tahun.

2. Dia berada di garis depan dalam kampanye sukses di FIFA mengenai pencabutan larangan wanita mengenakan hijab dalam turnamen sepak bola.

3. Sebagai mayor jenderal pada angkatan bersenjata Yordania, pangeran lulusan akademi militer terkenal Inggris Sandhurst ini menjadi panglima pasukan pengawal khusus raja dari 1999 sampai 2008.

4. Istrinya yang berkebangsaan Aljazair bernama Rym Brahimi adalah mantan wartawan CNN dan anak diplomat top PBB Lakhdar Brahimi. Pasangan ini dikaruniai dua anak. Ketika mereka menikah pada 2004, mereka mengumumkan akan meninggalkan kebiasaan pesta pernikahan dengan lebih memanfaatkan uang pesta untuk memberi makan 1.000 keluarga miskin selama enam bulan.

5. Ibunda Pangeran Ali, yakni Ratu Alia adalah warga Yordania keturunan Palestina yang meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter pada 1977. Sang pangeran adalah adik tiri dari Raja Abdullah II, hasil perkawinan kedua Raja Hussein dengan perempuan Inggris Toni Gardiner yang menjadi Putri Muna.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015