Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan telah menyelesaikan target pembangunan sembilan waduk di wilayah ibukota guna mengantisipasi bencana banjir.

"Pembangunan sembilan waduk sudah selesai. Hanya saja, masih belum dilengkapi dengan turap dan pompa air. Sehingga, belum dapat beroperasi secara maksimal," kata Kepala Dinas Tata Air Agus Priyono di Jakarta, Selasa.

Oleh karena itu, menurut dia, tahap selanjutnya adalah memasang pompa-pompa air sekaligus membangun turap di sekeliling waduk-waduk tersebut.

"Kalau pompa air dan turap sudah dipasang di seluruh waduk itu, maka dipastikan dapat berfungsi secara optimal untuk mengantisipasi banjir selama musim hujan," ujar Agus.

Dia menuturkan pembangunan turap serta pemasangan pompa air tersebut ditargetkan akan rampung secara keseluruhan pada tahun ini. Dia pun berharap tidak ada kendala proses itu berlangsung.

"Apabila tidak ada kendala terkait surat-surat kepemilikan lahan, dan segala peralatannya benar-benar siap, maka pompa dan turap pasti bisa dipasang di seluruh waduk," tutur Agus.

Sembilan waduk yang dimaksud, antara lain tersebar di Cakung, Cilincing, Kali Tunjangan, Cengkareng, Rorotan, Marunda, Brigif (Jagakarsa), Pondok Rangon dan Pantai Indah Kapuk.

Pewarta: Rr Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015