Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menyatakan prihatin dengan banyaknya asal Malaysia yang membanjiri pasar dan pusat oleh-oleh khususnya di daerah perbatasan, seperti Batam.

"Saya prihatin mendapati produk makanan ringan yang jadi oleh-oleh kota Batam. Padahal itu produk Malaysia. Tapi kemasannya dibuat sedemikian rupa bagus dengan memakai ikon kota Batam seperti Jembatan Barelang. Hal serupa terjadi di kota Padang yang mengambil ikon rumah gadang, dan penari pendet untuk oleh-oleh kota Bali. Saya kecewa menemukan hal ini," kata AAGN Puspayoga dalam rilis persnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Oleh karena itu, pihaknya bertekad akan segera mengambil langkah cepat agar kondisi itu tidak terus-menerus terjadi karena berpotensi merugikan UKM lokal.

Menteri mengatakan, pihaknya akan dalam waktu dekat akan mendorong UKM lokal menguasai teknik produksi yang lebih baik khususnya dalam hal pengemasan produk.

"Saya mendapati keluhan UKM bahwa mereka tidak bisa memakai kemasan yang bagus agar bisa bersaing dengan produk luar dikarenakan keterbatasan kuantitas. Artinya, pengusaha kemasan maunya UKM pesan dalam jumlah banyak semisal di atas seribu pcs, tapi UKM sanggupnya 500--700 pcs. Nah, akhirnya UKM ambil sederhana saja bentuk kemasannya," katanya.

Akibatnya produk yang mereka jual ke pasar pun kalah saing ketimbang produk serupa buatan asing yang lebih menarik kemasannya.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi lain yang terkait dengan rencana pelaksanaan pelatihan dan pendampingan bagi UKM untuk bidang kemasan.

Menteri berharap ke depan UKM lokal mampu bersaing baik di pasar lokal bahkan global.

"Kami juga berencana untuk membangun rumah kemasan di setiap provinsi yang dominan pelaku UKM-nya," katanya.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015