New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street mengikuti pasar ekuitas Eropa berakhir lebih rendah pada Senin (Selasa pagi WIB), di tengah meningkatnya kekhawatiran gagal bayar (default) Yunani dan keluar dari zona euro.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 95,08 poin (0,53 persen) menjadi ditutup pada 17.729,21.

Indeks berbasis luas S&P 500 turun 8,73 poin (0,42 persen) menjadi berakhir di 2.046,74, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq merosot 18,39 poin (0,39 persen) menjadi 4.726,01.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras bertekad selama akhir pekan untuk berdiri dengan janji pemilunya tentang anti penghematan, meningkatkan kekhawatiran gagal bayar pada 315 miliar euro (360 miliar dolar AS) utangnya.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan pada Senin, ia menunggu sebuah usulan "berkelanjutan" dari Yunani yang menghormati "aturan-aturan dasar" dari program dana talangan atau bailout yang ditetapkan oleh pemberi pinjaman internasional.

Pasar saham Athena ditutup turun hampir lima persen, dan pasar di Inggris, Prancis dan Jerman juga jatuh.

"Kekhawatiran keluarnya Yunani menyediakan latar belakang ekonomi Eropa yang sudah tidak stabil," kata Art Hogan, kepala strategi pasar di Wunderlich Securities.

Anggota Dow, McDonald turun 1,4 persen karena penjualan globalnya turun 1,8 persen pada Januari. Penjualan turun 12,6 persen pada perusahaan di wilayah Asia-Pasifik, Timur-Tengah dan Afrika, sebagian karena pelemahan di Jepang.

Saham-saham maskapai penerbangan jatuh setelah American Airlines memangkas proyeksi keuntungannya, sebagian karena biaya bahan bakar lebih tinggi dari yang diperkirakan. Data juga menunjukkan lalu-lintas pelanggan pada pesawat udara lebih rendah pada Januari 2015 dibandingkan dengan periode tahun lalu.

American turun 3,4 persen, Delta Air Lines kehilangan 2,3 persen dan United Continental turun 4,5 persen.

Pembuat mainan Hasbro naik 7,0 persen setelah melaporkan laba bersih kuartal keempatnya naik 4,1 persen. Penjualannya melonjak 21 persen berkat kinerja yang kuat dari tokoh-tokoh super hero dan mainan lain yang terkait dengan komik Marvel.

Perusahaan pengeboran Diamond Offshore berakhir naik 2,4 persen karena laba bersihnya diterjemahkan ke dalam 72 sen per saham, di atas 65 sen yang diproyeksikan oleh para analis.

Perusahaan memangkas dividen khusus dalam menanggapi jatuhnya investasi dari perusahaan-perusahaan minyak.

Motorola Solutions, yang mengembangkan teknologi komunikasi dan perangkat lunak, naik 4,8 persen karena laporan bahwa perusahaan sedang mencari pembeli. Calon pembeli termasuk perusahaan ekuitas swasta dan kontraktor pertahanan, menurut Bloomberg News.

Harga obligasi bervariasi. Imbal hasil pada obligasi 10-tahun pemerintah AS tetap stabil di 1,96 persen, sedangkan pada obligasi 30-tahun naik menjadi 2,54 persen dari 2,53 persen pada Jumat. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak berlawanan arah. Demikian laporan AFP.

(Uu.A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015