Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Lukman Edy, menginisiasi pengumpulan koin untuk Australia. Aksinya itu karena kecewa dengan sikap dan pernyataan PM Australia, Tony Abbott yang mengungkit bantuan kepada masyarakat Aceh waktu tsunami 2004.

"Saya secara pribadi kecewa dan mengutuk sikap Perdana Menteri Australia. Oleh karenanya, saya ikut mengumpulkan koin untuk Australia," kata Lukman Edy di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

"Kita Indonesia kaya dengan simbolik, saya sebagai pribadi ingin memberikan teguran kepada Abbott. Saya mendukung pengumpulan koin untuk Australia. Kita akan menyiapkan kardus untuk PM itu yang sudah menghubung-hubungkan persoalan hukuman mati dengan bantuan kemanusiaan," kata Lukman.

Ia menambahkan, Abbott sebaiknya tidak menghubungkan masalah kemanusiaan dengan dua warga negaranya yang dihukum mati terkait narkoba.

"Kita mengutuk Abbott dan kita minta Australia tidak menghubungkan hukuman mati dengan masalah tsunami," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu.

Katanya lagi, bila Abbott menghubungkan itu, maka sama artinya Abbott melindungi mafia narkoba dan memberikan perlindungan bisnis narkoba di wilayah Pasifik dan Asia Tenggara.

"Kita menunggu perubahan sikap PM Australia. Harapan kita tidak menghubungkan Bali Nine dengan hubungan bangsa dan antar negara terutama soal kemanusiaan," katanya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015