Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meluncurkan gerakan "Jabar Menghafal" sebagai upaya meningkatkan minat baca Al Quran bagi siswa-siswi di SMAN 3 dan 5 Kota Bandung, Senin.

"Hari ini ada 15 sekolah tingkat SMA di Jawa Barat yang ikut dalam program Jabar Menghafal ini," kata Ahmad Heryawan.

Ke-15 SMA yang ikut dalam program tersebut di antaranya adalah SMA di Kota Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Cirebon dan Kabupaten Sukabumi.

Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan, ke depannya program ini tidak hanya diikuti oleh pelajar tingkat SMA saja.

"Ke depan akan juga di-launching Jabar Menghafal untuk SD, SMP. Ada 7,6 juta orang jumlah murid SD, SMP di Jabar...," kata Aher.

Menurut dia, jika generasi muda mengusai ilmu agama dan teknologi dan informasi maka mereka bisa membangun peradaban dunia dengan lebih baik lagi.

"Kita kurang sejahtera karena pendidikan dan perkembangan IT tidak kita kuasai. Insya Allah kita dekat ilmu agama dan IT dikuasi. Maka di situ kita akan membangun sejarah peradaban dunia yang lebih baik," kata dia.

Pada acara tersebut juga hadir Ustad Yusuf Mansur yang juga memiliki program hafalan Al Quran yakni Gerakan One Day One Juz.

Selain itu, dilaksanakan juga teleconference antara Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dengan 13 perwakilan SMA yang ikut program tersebut.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015