Langkat, Sumut, (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Partai Golkar, melakukan peninjauan terhadap jalan longsor yang sempat memutuskan arus transportasi di Kecamatan Kutambaru, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

"Kita ingin memastikan bantuan untuk perbaikan jalan longsor tersebut sudah dipergunakan," kata Anggota DPR RI dari partai Golkar Delia Pratiwi, di Kutambaru, Senin.

Delia Pratiwi menjelaskan peninjauan yang dilakukan untuk mengetahui perkembangan normalisasi tanah longsor yang anggaranya melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat tersebut.

Ia juga mengutarakan harapanya agar normalisasi tanah longsor dapat berjalan dengan baik, sehingga arus transportasi menuju Kecamatan Kutambaru kembali normal.

Sementara itu Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Irwan Syahri menjelaskan bantuan untuk jalan longsor itu melalui Badan Nasional Penanggulanagn Bencana (BNPB).

Dengan terealisasinya bantuan tersebut, normalisasi tanah longsor yang hampir memutuskan arus transportasi ke kecamatan tersebut dapat teralisai.

"Kita bersyukur upaya Bupati Langkat Ngogesa Sitepu untuk mempercepat normalisasi tanah longsor di Kecamatan Kutambaru disahuti BNPB dan dana tersebut telah dapat dipergunakan untuk menormalisasai tanah longsor dan badan jalan yang rusak akibat longsor," katanya.

Kucuran dana bantuan normalisasi tanah longsor ini mencapai Rp600 juta lebih.

Sementara itu Kepala Wilayah Kecamatan Kutambaru Sinar Sembiring menyebutkan ada beberapa titik tanah longsor yang nyaris merusak badan jalan di Kecamatan itu.

Namun saat ini beberapa diantaranya telah dinormalisasi melalui dana APBD Langkat dan satu titik longsor melalui bantuan dari BNPB.

"Masyarakat Kutambaru sangat mengucapkan terimakasih pada Bapak Bupati dan juga anggota DPR Delia Pratiwi yang telah berupaya untuk mempercepat normalisasi tanah longsor di sepanjang ruas jalan menuju Kecamatan Kutambaru," katanya.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015