Ini untuk memperkuat kerja sama kita dengan otoritas Turki
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengirimkan tim kecil ke Turki untuk memperkuat kerja sama jangka panjang sebagai salah satu langkah antisipasi atas berbagai peristiwa yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir termasuk hilangnya sejumlah WNI di negara itu.

"Ini untuk memperkuat kerja sama kita dengan otoritas Turki, jadi ini lebih long term sifatnya," kata Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.

Tim itu, kata dia, salah satunya juga dikirim untuk membahas persoalan WNI yang hilang di negara itu.

Retno menambahkan, sebelumnya juga sudah ada delegasi yang dikirim ke Turki untuk menjajaki perkuatan kerja sama tersebut.

"Niatan kerja sama ini juga sudah lama dibahas Presiden kita dengan Presiden Turki di sela acara G-20 beberapa waktu lalu," katanya.

Sementara terkait dengan adanya dua kelompok 16 WNI yang hilang di Turki, Retno mengatakan akan terus melakukan berbagai upaya dan pendalaman.

Ia mengaku masih butuh pendalaman untuk memastikan bahwa WNI yang hilang itu terkait dengan ISIS.

"Kita perlu pendalaman lagi," katanya.

Namun untuk mengantisipasi modus-modus serupa terjadi, Kemlu akan memperketat pengawasan baik bagi WNI yang akan keluar maupun mereka yang ingin masuk ke Indonesia.

"Kita akan perketat semua pemantauan baik yang ke dalam maupun yang keluar," katanya.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015