Gunung Kidul (ANTARA News) - Lereng Bukit Bometen di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang kini dalam kondisi retak mengancam puluhan warga Dusun Bomaten Desa Ngandong, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jateng.

"Lereng itu setinggi lima meter dengan panjang 30 meter," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul Budhi Harjo di Gunung Kidul, Jumat.

Bahkan, kata dia, sebagian lereng itu sudah longsor dan menimpa tiga rumah warga Dusun Bomaten, Klaten, yakni rumah milik Sukiman, Sipon, dan Mirah.

"Semua korban merupakan warga Kabupaten Klaten. Meski korban bencana bukan warga Gunung Kidul, tetapi BPBD merasa ikut bertanggung jawab," kata Budhi.

Menurut Budhi, penanggulangan bencana tidak ada batas wilayah. Meski korbannya warga Klaten, tetapi karena bukit yang dimungkinkan longsor masuk wilayah Gunung Kidul, maka pihaknya berupaya ikut mengatasi agar bencana itu tidak terjadi.

Budhi mengatakan, pihaknya sudah meninjau lokasi bencana bersama Camat Gedangsari Setiawan dan beberapa relawan TRC BPBD Gunung Kidul.

Untuk itu, pihaknya akan mengusulkan ke Pemkab Gunung Kidul untuk perbaikan talud.

"Kami akan mengusulkan perbaikan talud, kalau dibiarkan akan mengancam 40 kepala keluarga di bawahnya," kata dia.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015