Jayapura (ANTARA News) - Sebanyak 30 orang pesepak bola muda Papua yang berasal dari berbagai kabupaten/kota segera diberangkatkan ke Eropa guna dipromosikan menjadi pemain profesional.

Sekretaris Umum Reliv Christa Fc Holandia Papua Indonesia Nico Dimo kepada Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan, puluhan pesepak bola muda itu merupakan hasil seleksi selama sebulan penuh di Jayapura, Ibu Kota Provinsi Papua.

"Rencananya 30 Maret 2014, kita bertolak dari Jayapura ke Jakarta, sehari kemudian dilanjutkan ke Belanda," katanya.

Mantan pemain Persipura Jayapura era 1980-an itu mengatakan, mereka akan berada di Belanda selama sebulan dan akan mengikuti sembilan laga uji coba melawan sejumlah klub elit di Eropa.

"Selain berlatih disana, pesepak bola muda Papua di bawah naungan Reliv Christa FC akan bertanding dengan delapan klub profesional dan satu klub amatir," katanya.

Klub profesional yang akan dijajal pemain-pemain muda asal Papua itu menurut dia di antaranya Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven.

Nico Dimo yang juga Wakil Ketua Asosiasi Mantan Pemain Persipura (AMPP) mengatakan sejumlah laga yang akan dijalani oleh pemain-pemain muda asal Papua itu akan disaksikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Belanda.

"Juga akan disaksikan langsung oleh lima orang pencari bakat dari klub elit terbesar di Eropa, seperti dari Manchester United, Barcelona, Real Madrid, dan dari klub PSG Prancis," katanya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015