Jakarta (ANTARA News) - Opera Mini memperbarui Opera Mini pada handset Windows Phone, menyusul peluncuran aplikasi browser versi beta yang telah tersedia pada perangkat Windows Phone September lalu.

Situs-situs dikompresi terlebih dahulu melalui server Opera sebelum situs masuk ke dalam aplikasi Opera Mini pada ponsel mereka.

Dengan cara ini, penggunaan data paket saat berselancar di dunia maya akan berkurang.

Menurut Opera, kompresi ini berarti bahwa situs yang dikirim kepada pengguna hanya 10 persen dari keseluruhan ukuran normal. Dengan kata lain, pengguna akan menghemat 90 persen data paket yang biasa mereka gunakan untuk melihat situs tertentu.

Opera Mini mencatat lebih dari 250 juta orang menggunakan aplikasinya yang saat ini telah dapat dijalankan di berbagai platform seperti Android, BlackBerry, Bada, iOS dan Windows Phone.

Versi Windows Phone Opera Mini masih dalam versi beta, meski demikian aplikasi ini telah menerima update versi 8.0.0.6730.

Meskipun tidak tercatat dalam daftar perubahan, pembaruan Opera Mini ini menawarkan UI (User Interface) yang baru yang membuat browser terlihat modern.

Opera Mini juga menawarkan fitur tabbed browsing yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat beralih dari satu situs ke situs lain. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Speed ​​Dial yang penggunanya dapat mengatur semua situs web favorit mereka pada home page browser.

Opera Mini tidak mengambil banyak tempat di ruang penyimpanan dengan hanya memiliki ukuran 3MB. Aplikasi ini dapat diunduh gratis dari Phone Windows Store.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015