Setelah pukul 18.00 WIB akan semakin gelap. Di bulan akan kelihatan bayangan bumi nanti
Sleman (ANTARA News) - Gerhana bulan total yang akan terjadi pada Sabtu (4/4) dapat dilihat langsung di langit wilayah Yogyakarta.

"Bagi masyarakat yang penasaran dan ingin melihat fenomena alam ini untuk mencari tempat di ketinggian, serta yang sedang tak ada awan Cumulonimbus (Cb)," kata Kepala Seksi Data dan Informasi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Teguh Prasetyo, Jumat.

Menurut dia, awal gerhana bulan sudah bisa dilihat pada pukul 16.00 WIB di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Gerhana bulan akan terjadi mulai pukul 16.00 WIB sampai 22.00 WIB. Sedangkan puncaknya sekitar pukul 20.00 WIB," katanya.

Ia mengatakan, pada saat tersebut posisi bumi akan berada di antara matahari dan bulan. Dengan begitu, akan terlihat bayangan bumi, di bulan.

"Setelah pukul 18.00 WIB akan semakin gelap. Di bulan akan kelihatan bayangan bumi nanti," katanya.

Teguh mengatakan, bagi masyarakat yang penasaran, disarankan untuk mencari tempat yang lebih tinggi. Untuk menghindari tertutup bangunan atau pohon.

"Selain itu, kendala lain adalah awan mendung atau Cumulonimbus (9b). Karena saat ini di Yogyakarta masih masa pancaroba dan berpotensi terjadinya hujan. Terutama di waktu sore atau malam hari," katanya.

Salah satu lokasi yang ideal untuk menyaksikan gerhana bulan tersebut adalah kawasan Candi Prambanan, dengan latar berupa bangunan cagar budaya tersebut, akan lebih mengena jika ingin diabadikan dengan foto.

"Tetapi hanya sampai pukul 18.00 WIB saja, setelah jam tersebut wisatawan harus sudah keluar area Candi Prambanan," kata Kepala Unit Taman Wisata Candi Prambanan Priyo Santoso.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015