Banjarbaru (ANTARA News) - Sebanyak 3.193 siswa Sekolah Menengah Atas dan sederajat di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, siap mengikuti Ujian Nasional yang dilaksanakan serentak pada 13-15 April 2015.

"Seluruh siswa SMA dan sederajat peserta UN sudah siap ikut ujian," ujar Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendididikan Kota Banjarbaru Fathus Syari di Banjarbaru, Minggu.

Ia mengatakan, tiga ribu lebih calon peserta UN tingkat SMA dan sederajat itu sebelumnya sudah mengikuti melalui ujicoba atau try out dua kali.

"Hasil ujicoba UN sebanyak dua kali itu cukup bagus sehingga kami sangat optimistis hasil UN sebenarnya yang diraih seluruh peserta ujian juga akan bagus," ungkapnya.

Menurut dia, selain dua kali ujicoba, setiap sekolah juga menambah jam pelajaran bagi siswa sebagai persiapan mengikuti UN yang dilaksanakan empat hari.

"Siswa mendapat bimbingan dan pengayaan berupa bahan-bahan yang berkaitan dengan meteri ujian sehingga mereka bisa menghadapi ujian sebenarnya," ujar dia.

Dia menegaskan kembali bahwa UN tahun ini berbeda dengan sebelumnya, bukan menjadi satu-satunya penentu kelulusan karena akan dikombinasikan dengan nilai dari sekolah.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015