Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 660 calon taruna/taruni telah melakukan pendaftaran ulang di Panitia Daerah Surabaya untuk menjadi Taruna dan Taruni Akademi TNI tahun 2015.

Ketua Panitia Daerah Surabaya Penerimaan Taruna/Taruni Akademi TNI 2015 yang juga Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah di Surabaya, Sabtu, melaporkan jumlah itu tercatat hingga Jumat (24/4).

"Jumlah 660 pendaftar tersebut terdiri dari 625 calon Taruna dan 35 lainnya calon Taruni yang telah mendaftar ulang sejak 15 Maret 2015 di Mako Lantamal V, Ajendam V/Brawijaya, Ajenrem Surabaya dan Lanud Abdulrahman Saleh Malang," katanya.

Dalam rapat konsolidasi Panitia Daerah Surabaya di Rupatama Mako Lantamal V, Surabaya, ia menjelaskan pola rekruitmen calon taruna (Catar) Akademi TNI tahun 2015 berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pendaftaran tahun ini dilakukan secara terintegrasi antara AD, AL dan AU.

"Pendaftaran calon taruna/taruni TNI ini akan dibuka hingga tanggal 8 Mei mendatang, jadi masih ada kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk mengabdi kepada bangsa melalui jalur TNI," terangnya.

Dari jumlah 660 orang per 24 April itu, diprediksi pada penutupan pendaftaran pada 8 Mei mendatang akan mencapai seribu peminat lebih, sehingga proses seleksi akan berjalan ketat dengan sistem gugur sejak Uji Rikmin.

Dalam rapat konsolidasi tersebut juga dibahas berbagai permasalahan baik mengenai kesiapan tempat pelaksanaan tes, materi tes dan mekanisme pelaksanaan tes dan hal pendukung lainnya.

"Seluruh Panitia Daerah Surabaya harus melaksanakan kegiatan dengan tertib, lancar dan objektif, sehingga diperoleh calon Taruna Taruni Akademi TNI yang memenuhi persyaratan sesuai kualitas dan kuantitas yang ditentukan," katanya.

Dalam keempatan tersebut juga dibahas secara rinci tentang tahapan pelaksanaan tes yang meliputi materi meliputi uji pemeriksaan administrasi (Rikmin), kesehatan 1 kesehatan 2, kesehatan jiwa, uji jasmani, mental idiologi, psikologi, sidang parade dan pantukhir daerah.

"Proses seleksi Panitia Daerah Surabaya akan dimulai pada 11 Mei hingga 24 Juni 2015 di komplek Kobangdikal dan Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumimoro, Surabaya," katanya.

Rapat konsolidasi itu dihadiri Kasdam V/Brawijaya yang juga Wakil Ketua Panda Surabaya Brigjen TNI Joppye Onysimus Wayankau, Karumkital Dr Ramelan/Ketua Tim Rikkes Laksma TNI Dr. Nalendra, dan Sekretaris Dinas Psikologi Angkatan Laut/Katim Psikologi Kolonel Laut (KH) Mitra.

Selain itu, Kalapetal Kolonel laut (S) Ikhwan Sahfaria, Kajasdam/Katim Jasmani, Asintel Kodam/Katim Mental Idiologi, dan Sekretaris Panitia I yang juga Aspers Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Drs. Agus Suharsono.

"Calon yang lolos di Panitia Daerah Surabaya akan dikirim untuk seleksi tingkat pusat di Akademi Militer, Magelang yang akan digelar pada 6-24 Juli 2015," katanya.

Pewarta: Edy M Ya`kub
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015