Natuna (ANTARA) - TNI Angkatan Udara melalui Lanud Raden Sadjad (Lanud RSA) Ranai bersama Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), melakukan sosialisasi terkait penerimaan calon Taruna-Taruni Akademi Angkatan Udara Tahun 2023 khusus untuk putra putri asal daerah Natuna.

Komandan Lanud Raden Sadjad Ranai, Natuna, Kolonel Penerbang Jajang Setiawan mengatakan, tingginya minat putra putri setempat untuk bergabung bersama TNI AU menjadi dasar dan mendorong pihaknya untuk berkoordinasi langsung dengan Mabes TNI AU agar dapat melaksanakan penerimaan taruna taruni di Kabupaten Natuna.

"Alhamdulillah hal tersebut disetujui, sehingga peluang menjadi Bintara, Taruna dan Taruni Angkatan Udara dapat kita laksanakan di daerah ini," kata Jajang Setiawan di Natuna, Kamis.

Baca juga: Ini penjelasan TNI AU terkait pesawat asing terbang di Natuna

Jajang Setiawan menyampaikan bahwasannya penerima calon bintara, taruna dan taruni saat ini telah dibuka hingga bulan April mendatang.

Ia juga berharap putra putri asli daerah antusias mengikuti penerimaan ini, sehingga ke depan akan lahir pemimpin Lanud Raden Sadjad asli putra putri Kabupaten Natuna.

"Dengan dibukanya penerimaan Taruna dan Taruni Tahun Anggaran 2023 di Lanud Raden Sadjad, ke depan ada generasi penerus putra daerah Natuna menjadi perwira TNI AU, bahkan menjadi penerbang dan pilot," katanya.

Baca juga: TNI AU siapkan 3 pesawat antar WNI Wuhan ke Natuna

Selain penerimaan Taruna dan Taruni AAU, Lanud Raden Sadjad juga telah merekrut calon prajurit Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Udara.

Danlanud juga mengimbau kepada putra-putri terbaik Natuna untuk segera mendaftarkan diri, karena negara dan bangsa menunggu dharma bakti putra-putri daerah, selama proses penerimaan tidak dipungut biaya atau gratis.

Untuk info lebih lengkap dan pendaftaran online bisa mengunjungi website TNI AU http://diajurit.tni-au.mil.id atau bisa datang langsung ke Kantor Dinas Personel Lanud Raden Sadjad, Jl. Adi Sucipto No. 1, Kelurahan Batu Hitam, Kec. Bunguran Timur, Kabupaten Natuna.

Baca juga: TNI AU terbangkan empat F-16 ke Natuna

Pendaftaran Taruna/Taruni TA 2023 telah dibuka dari tanggal 21 Februari 2023 sampai dengan 08 April 2023.

Terkait hal itu, Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan terima kasih kepada Komandan Lanud Raden Sadjad atas inisiasi terkait dengan penyelenggaraan penerimaan calon TNI AU yang akan diadakan di Kabupaten Natuna.

"Ini merupakan kesempatan yang baik bagi putra putri Natuna, oleh sebab itu, pemerintah daerah akan mendukung kegiatan ini," kata Wan Siswandi.

Baca juga: Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin siaga antisipasi krisis Natuna

Wan Siswandi juga berharap, kedepannya dengan kerja sama ini akan dapat menambah daftar putra putri asli Natuna sebagai penerbang di TNI AU.

Selain itu, Bupati Wan Siswandi juga menyampaikan, saat ini pemerintah daerah telah berupaya meningkatkan pembangunan bidang sumber daya manusia (SDM) melalui kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan agar dapat memberikan beasiswa kepada putri putri Natuna.

Disampaikan juga, adapun Institusi yang telah memberikan beasiswa antara lain Politeknik Energi Mineral (PEM) Akamigas di Cepu, Politeknik Perkapalan Surabaya, Institut Tekhnologi PLN Jakarta, Universitas Pertamina Jakarta dan sejumlah Perguruan Tinggi lainnya. Oleh karenanya, hal ini harus dimanfaatkan dengan baik, sehingga kedepannya SDM kabupaten Natuna mampu bersaing.

Baca juga: Dua F-16 TNI AU usir C-130 Hercules Malaysia di atas Natuna
Baca juga: Pulau Natuna, "Pearl Harbour" Indonesia

Pewarta: Cherman
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023