Makassar (ANTARA News) - Perusahaan penyedia jasa peralatan telekomunikas PT ZTE Corporation memamerkan peralatan teknologi mutakhirnya yakni manajemen pemecahan masalah keamanan kota di ajang Makassar Expo 2015.

Kegiatan yang bertajuk MC EXPO 2015 dilangsungkan di anjungan Pantai Losari Makassar, Minggu, sekaitan dengan perayaan satu tahun pemerintahan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto-Syamsu Rizal, pada 3-8 Mei.

"Kami akan melakukan uji coba komunikasi trunking ZTE iLTE GoTa 4G, yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan manajemen keamanan publik di Makassar," ujar Head of Sales Department, Government & Enterprise, ZTE Indonesia, Wang Jun Peng.

Pada acara ini, ZTE memamerkan City Public Safety yang diklaim cocok digunakan di suatu kota yang berkembang pesat, seperti Makassar. Teknologinya siap menghadapi permasalahan sosial dan lingkungan yang semakin rumit, yang memberikan tantangan tersendiri bagi pemerintahan daerah.

Pemerintah kota dengan secara efektif akan merespon keadaan darurat yang tiba-tiba terjadi atau tidak diharapkan, misalnya kebakaran di lokasi perumahan padat, serangan geng motor, kecelakaan lalu lintas dan lainnya, sistem komunikasi yang lebih baik tentu sangat dibutuhkan.

"Dengan begitu, komunikasi dan informasi antara lokasi kejadian dan pusat komando bisa terkoordinasi dengan baik dan dapat melakukan pengiriman bala bantuan secara efisien," katanya.

Wang Jun Peng menambahkan, dengan peningkatan akses internet, memungkinkan banyaknya data yang masuk. Ini tidak lagi cukup ditampung dan dikumpulkan dengan sistem pencatatan tradisional, tetapi membutuhkan metode akusisi data kilat dan pemrosesan data instan.

Teknologi telekomunikasi mobile generasi keempat berbasis LTE, seperti ZTE iLTE GoTa 4G, mampu menyelesaikan permasalahan ini.

Menurut dia, ZTE iLTE GoTa 4G adalah versi terbaru solusi komunikasi trunking yang dapat menyediakan jaringan komunikasi multimedia nirkabel yang cepat, fleksibel, dan efektif, yang dapat digunakan untuk memperbaiki manajemen keamanan publik.

Solusi ini berbasis teknologi 4G LTE dan dapat menyediakan kemampuan transmisi data berkecepatan tinggi hingga 100 Mbps. Dengan begitu, solusi ini telah meningkatkan komunikasi trunking tradisional dengan integrasi komunikasi suara dan video.

"Solusi ZTE iLTE GoTa 4G dapat diterapkan di area praktikal di pemerintahan Makassar, seperti di Pusat Respon Situasi atau Care Respond Center. Solusi ini dapat membantu pusat tersebut untuk mengkoordinir layanan dan mobilitas antara pemadam kebakaran, ambulans, polisi, dan layanan publik lainnya," sebutnya.

Wang berharap keikutsertaan ZTE dalam perayaan ini dapat menunjukkan komitmennya untuk membantu Makassar dalam mewujudkan konsep Smart City yang dicanangkan Wali Kota Makassar.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015