Medan (ANTARA News)- Manajemen PT. Kereta Api Indonesia Divre I Sumatera Utara bersiap untuk menambah gerbong angkutan Lebaran 2015 kalau pesanan tiket di atas kapasitas tersedia yang sebanyak 6.720 kursi.

"Manajemen sudah bersiap untuk menambah dua atau tiga gerbong (kereta) dari 41 gerbong yang biasa dijalankan kalau pesanan tiket mudik dan arus balik Lebaran tahun ini meningkat pesat atau di atas yang tersedia sebanyak 6.720 kursi," kata Manager Corporate Communication PT. KAI (Persero) Divre I Sumut, Rapino Situmorang di Medan, Jumat.

Selain bersiap untuk menambah gerbong, KAI juga sudah menggelar promo tiket mudik Lebaran 2015 untuk memberi apresiasi sekaligus menarik minat calon penumpang menggunakan jasa angkutan itu.

Meskipun, kata dia, tarif tempat duduk promo itu hanya berlaku pada kereta ke luar kota yakni Sri Bilah relasi Binjai/Medan - Rantau Prapat atau sebaliknya.

Harga promo untuk kelas eksekutif yang sebesar Rp99.000 dan bisnis Rp79.000 per tiket itu berlaku pada penjualan/pemesanan tiket mulai tanggal 25 April sampai dengan 28 Juli, dan untuk keberangkatan tanggal 7 hingga 28 Juli 2015.

Untuk memudahkan masyarakat, KAI melakukan penjualan dengan berbagai cara mulai loket penjualan di stasiun "online" atau daring, "contact center 121", "channel eksternal KAI", "mobile application" dan "KA Access" serta "internet reservation".

Adapun pemesanan tiket untuk Lebaran hingga akhir pekan ini tercatat sudah sebanyak 1.500 kursi.

"Dibandingkan di Jawa, pesanan tiket kereta api Lebaran di Sumut memang lebih sedikit, tetapi biasanya selalu penuh pada hari besar keagamaan seperti Lebaran," ujar Rapino.

Di luar menambah kursi dan memberikan harga promo, manajemen juga meningkatkan rasa kenyamanan penumpang mulai dari stasiun hingga di dalam kereta api.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015