Roma (ANTARA News) - Roger Federer, yang awalnya berencana untuk tidak bermain di Italia Terbuka, menaklukkan Thomas Berdych dengan skor 6-3, 6-3 pada Jumat untuk mencapai semifinal.

Kekalahan di fase awal dari Nick Kyrgios di Madrid pekan lalu meyakinkan maestro Swiss ini bahwa ia memerlukan lebih banyak pertandingan di lapangan tanah liat sebelum Prancis Terbuka, dan ia memaksimalkan peluang yang dimilikinya, lapor Reuters.

Unggulan kedua itu akan bermain melawan pemenang pertandingan malam ini antara Rafael Nadal melawan Stan Wawrinka di empat besar.

"Saya akan sedikit menonton pada malam ini," kata Federer kepada Sky Sports Italia. "Ini akan menjadi semifinal yang berat untuk saya, sebab saya kalah dari mereka berdua pada terakhir kali kami bermain di lapangan tanah liat."

Berdych, yang memenangi sebagian besar pertandingan tahun ini bersama Novak Djokovic (32), sempat unggul terlebih dahulu pada set pembuka namun ia melakukan kesalahan ganda sehingga mendapat break pada game keenam.

Kemenangan yang diraih dengan susah payah atas Fabio Fognini terlihat membuat Berdych kelelahan, dan ia semakin frustrasi seiring berjalannya pertandingan.

Federer mengatasi kondisi-kondisi berangin dengan lebih baik dan hampir tidak tersentuh pada serve pertama, memenangi 86 persen angka.

"Thomas (Berdych) dapat bermain lebih baik daripada ini," tambah Federer. "Ia kesulitan dengan angin bahkan meski itu menguntungkan pada set kedua."

Italia Terbuka merupakan salah satu dari dua turnamen Masters 1000 yang belum pernah dimenangi Federer.

Sebelumnya, David Ferrer menaklukkan David Goffin, satu-satunya petenis non unggulan yang mencapai delapan besar, dengan skor 6-2, 4-6, 6-3.

Ferrer, unggulan ketujuh, mampu memaksakan irama cepatnya pada awal pertandingan, segera memimpin 3-0 sebelum mematahkan serve petenis Belgia itu untuk kedua kalinya, untuk menyelesaikan set.

Goffin memutuskan untuk berusaha mengambil bola lebih awal dan taktiknya terbayar pada set selanjutnya, namun Ferrer mampu mengembalikan permainan terbaiknya dan mendominasi sampai akhir pertandingan.

Ferrer mencapai semifinal keempatnya di Roma dan menanti pemenang pertandingan antara Novak Djokovic melawan Kei Nishikori.

Pada kategori putri, Simona Halep menghancurkan kompatriot Romanianya Alexandra Dulgheru dengan skor 6-1, 6-0 dalam 56 menit untuk mencapai semifinal Italia Terbuka untuk kedua kalinya.

Unggulan kedua itu tidak terhentikan di Roma, hanya kehilangan tujuh game dari tiga pertandingan, dan ia berikutnya akan bertemu Petra Kvitova atau Carla Suarez Navarro.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015