Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Duta Besar RI untuk Pakistan Burhan Muhammad sudah dianggap seperti kakak karena kedekatan mereka sejak di bangku kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

"Mas Burhan itu sudah seperti kakakku sendiri. Beliau adalah seniorku di universitas dan beliau saat bekerja di BIN, kami sering tandem dalam bekerja sampai saat beliau menjadi deputi (di BIN) dan saya Dirjen Amerop (Amerika dan Eropa), banyak sekali hal yang kami komunikasikan berdua," kata Menlu Retno dalam upacara penghormatan terakhir bagi jenazah Dubes Burhan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (19/5) malam.

Menlu Retno dan almarhum Burhan sama-sama menyelesaikan jenjang S1 di Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Politik dan Sosial UGM Yogyakarta.

"Sampai saat saya menjadi menteri, kalau ada orang, beliau memanggil saya Bu Menlu, tapi ketika pribadi, saya adalah Retno dan beliau adalah mas (kakak) saya," kata dia.

Karena kedekatan tersebut, Menlu Retno mengaku bahwa wafatnya Dubes Burhan merupakan kehilangan yang sangat besar.

Dalam pidato penghormatan kepada almarhum Burhan, Menlu mengatakan bahwa Indonesia kembali kehilangan salah satu putera terbaiknya.

Menlu Retno mengatakan kali terakhir bertemu Dubes Burhan sebelum kecelakaan helikopter di Gilgit-Baltistan di wilayah utara Pakistan, pada saat Konferensi Asia Afrika (KAA) di Balai Sidang Jakarta, April lalu.

"Kali terakhir bertemu di KAA, cuma bilang hai, Ret dan saya jawab, Mas, dan sudah hanya itu karena kami sama-sama sibuk," kata dia.

Dubes Burhan Muhammad meninggal dalam usia 58 tahun setelah menjalani perawatan luka bakar serius di Rumah Sakit Umum Singapura, pada Selasa (19/5) pukul 00.50 waktu setempat.

Dubes Burhan merupakan salah satu korban kecelakaan helikopter di utara Pakistan pada 8 Mei lalu, yang juga menewaskan istrinya, almarhumah Hery Listyawati Burhan Muhammad.

Menurut rencana, jenazah Burhan akan disemayamkan di Gedung Pancasila hingga Rabu pukul 05.00 WIB dan kemudian akan diterbangkan ke kampung halamannya di Yogyakarta.

Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir secara resmi akan menyerahkan jenazah beliau kepada pihak keluarga untuk dikebumikan.

Dubes Burhan dan Hery Listyawati Burhan meninggalkan dua orang putera yang masih duduk di bangku kuliah.

Pewarta: A Fitriyanti
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015