Kehadiran Menag bersama para Kakanwil Kementerian Agama se- Tanah Air juga dimanfaatkan untuk memantapkan penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XI tingkat nasional, yang penyelenggaraannya dijadwalkan di Kota Ambon pada Oktober 2015
Ambon (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan membuka seminar tentang kerukunan beragama, yang akan berlangsung di Kota Ambon, Maluku pada 9 Juli 2015.

Gubernur Maluku Said Assagaff, di Ambon, Minggu, mengatakan seminar itu akan diikuti para Kakanwil Kementerian Agama di Tanah Air.

"Kehadiran Menag bersama para Kakanwil Kementerian Agama se- Tanah Air juga dimanfaatkan untuk memantapkan penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XI tingkat nasional, yang penyelenggaraannya dijadwalkan di Kota Ambon pada Oktober 2015," ujarnya.

Gubernur berharap penyelenggaraan Pesparawi XI akan sukses sebagaimana MTQ tingkat nasional di Ambon pada Juni 2012.

"Jadi seminar kerukunan beragama sekaligus dimanfaatkan untuk pemantapan penyelenggaraan Pesparawi, makanya Menag dan para Kakanwil Kementerian Agama diundang menghadiri kegiatan tersebut," kata Gubernur.

Minimal dengan kehadiran Menag bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan berbagai kebutuhan Pesparawi yang kemungkinan ditangani Pemerintah Pusat.

Sedangkan para Kakanwil Kementerian Agama bisa menyaksikan Kota Ambon dengan berbagai kesiapannya sehingga sekembali ke masing - masing daerah meyakinkan kontingen Pesparawi.

"Para Kakanwil juga bisa melihat hotel/ penginapan yang nantinya disiapkan untuk kontingen menginap selama di Ambon," ujar Gubernur.

Dia juga menyatakan telah koordinasi dengan MUI/Muhamadiyah Maluku agar ada peserta Pesparawi XI nasional yang menetap di rumah warga beragama Islam.

Penempatan nantinya disesuaikan dengan permukiman umat Islam agar memudahkan peserta menjangkau lokasi lomba.

"Jadi sebagaimana umat Kristen Protestan maupun Katholik menyiapkan Pastori (rumah pendeta), wisma Gonsalo maupun rumah - rumah jemaat menyambut peserta MTQ, maka pola yang sama juga diterapkan bagi umat Islam saat Pesparawi," tegas Gubernur Said.

Pewarta: Alex Sariwating
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015