Damrstadt, Jerman (ANTARA News) - Darmstadt memastikan memperoleh promosi ke Bundesliga Jerman setelah memenangi laga pamungkas Divisi 2 melawan FC Saint Pauli dengan skor 1-0 di Merck-Stadion am Boellenfalltor, Minggu.

Berkat kemenangan tipis tersebut, Dirk Schuster itu melengkapi raihan total 59 poin untuk menutup musim dengan berada di peringkat kedua Divisi 2 di bawah FC Ingolstadt (64) yang di laga lain menahan imbang FC Kaiserlautern 1-1.

Sebuah gol tunggal yang dicetak pemain sayap Tobias Kempe melalui tendanan bebas yang menghujam ke sudut kiri bawah gawang pada menit 71, mengantarkan Darmstadt pada kemenangan sekaligus kepastian akan berlaga di kasta tertinggi sepak bola Jerman musim mendatang.

Darmstadt akan mendampingi Ingolstadt untuk promosi ke Bundesliga, sementara peringkat ketiga Karlsruher SC akan melakoni laga playoff menghadapi urutan 16 klasemen akhir Bundesliga Hamburger SV demi menentukan siapa yang berhak ambil bagian di kompetisi tertinggi Jerman musim depan.

Keberhasilan Darmstadt untuk meraih promosi merupakan kali ketiga mereka capai setelah musim 1977-1978 dan 1980-1981.

Sayangnya pada dua kesempatan tersebut mereka selalu hanya mampu bertahan selama satu musim di Bundesliga.

Pencapaian Darmstadt kali ini cukup istimewa, mengingat mereka berstatus sebagai tim promosi di Divisi 2 setelah musim lalu mereka berlaga di Divisi 3.

Berikut susunan lengkap pemain yang diturunkan kedua tim sebagaimana dilansir laman resmi Bundesliga.

Darmstadt 98 (4-4-2): Christian Mathenia (PG); Leon Balogun, Benjamin Gorka, Aytac Sulu, Fabian Holand; Tobias Kempe, Jerome Gondorf, Hanno Behrens, Marcel Heller (Milan Ivana); Marco Sailer (Florian Jungwirth), Ronny Koenig (Dominik Stroh-Engel)
Pelatih: Dirk Schuster

FC St. Pauli (4-2-3-1): Robin Himmelmann (PG); Jan-Philipp Kalla, Lasse Sobiech, Philipp Ziereis, Marcel Halstenberg; Dennis Daube (Waldemar Sobota), Enis Alushi; Sebastian Schachten (John Verhoek), Christopher Buchtmann (Julian Koch), Daniel Buballa; Lennart Thy
Pelatih: Ewald Lienen

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015