AsiaNet 60599

HAIKOU, Tiongkok, 25 Mei 2015 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Dinas Pariwisata Hainan merilis indeks pembangunan pariwisata pulau yang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata utama Tiongkok ini selama lebih dari lima tahun terakhir pada 20 Mei. Indeks ini ditujukkan untuk mengevaluasi pembangunan industri pariwisata dan memberi referensi bagi para calon investor.

Indeks ini, yang notabene pertama dirilis oleh pemerintah provinsi Hainan sebagai bahan evaluasi komprehensif industri pariwisata pulau ini, menunjukan kalau industri-industri berorientasi pelayanan yang diwakili oleh industri pariwisata telah menjadi industri utama penopang perekonomian Hainan. Indeks ini juga menunjukan kalau pembangunan sumber daya pariwisata, kapabilitas pemasaran pariwisata, dan kapasitas tamu telah meningkat drastis sejak Tiongkok memutuskan untuk menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata internasional pada 2009.

Sistem evaluasi Indeks Pembangunan Pariwisata (TDI) Hainan terdiri dari lima indikator tingkat pertama dan 13 indikator tingkat kedua. Indeks ini mengkaji pembangunan parisiwata Hainan dari lima aspek, termasuk sumber daya pariwisata, layanan pariwisata, potensi pertumbuhan, dan seluruh ruang lingkup industri pariwisata.

Mengacu pada indeks yang disusun oleh Komisi Pembangunan Pariwisata Provinsi Hainan, Pusat Informasi Finansial Nasional Tiongkok, dan Kantor Berita Xinhua Biro Hainan, TDI Hainan rata-rata naik 17,95 persen tiap tahun mulai 2009 dan melonjak hingga 228,34 persen pada 2014, dengan kata lain industri pariwasata Hainan memiliki momentum pertumbuhan yang stabil, potensi pertumbuhan yang luar biasa, dan cenderung tak terpengaruh terhadap tren negatif pada perekonomian global.

Asisten Gubernur dan Direktur Komisi Pembangunan Pariwisata Provinsi Hainan, Lu Zhiyuan, menyatakan kalau laporan ini memberikan gambaran komprehensif sektor pariwisata Hainan. Dia berharap laporan ini akan membantu para otoritas pariwisata lokal di dalam membuat kebijakan dan tentunya informasi berharga kepada para investor.

Wakil Dekan Akademi Indeks Pusat Informasi Finansial Nasional Tiongkok, Cao Zhanzhong, mengatkan kalau laoran ini ditujukan untuk mengkaji dan mengevaluasi tren pembangunan industri pariwisata Hainan dari sudut pandang yang strategis dan menjadi acuan untuk pembangunan Hainan di masa depan.

Sumber: Hainan Provincial Tourism Development Commission

Tautan Lampiran Gambar:
http://asianetnews.net/view-attachment?attach-id=254512

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015