Kemarin Presiden dalam rapat TPID telah meminta supaya setiap pemerintah kabupaten kota untuk peduli dengan pengendalian inflasi karena kalau tidak terkontrol daya beli masyarakat akan berkurang."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil memastikan pemerintah akan terus mengupayakan pengendalian harga komoditas pangan, terutama menjelang puasa, agar target inflasi sebesar lima persen tercapai pada akhir tahun.

"Kita akan menjaga selama lebaran dan puasa, supaya tarif inflasinya lebih terkontrol. Jadi barang-barang yang potensial (menimbulkan) inflasi harus dijaga betul (harganya)," katanya di Jakarta, Senin malam.

Sofyan mengatakan upaya menjaga inflasi harga bergejolak atau volatile food dengan menyiagakan pasokan, akan menjadi fokus pemerintah, apalagi komponen bahan makanan tersebut menjadi penyumbang utama inflasi Mei 2015.

"Produk volatile memang betul menjadi masalah, beberapa produk vulnerable terhadap inflasi, seperti cabai merah, bawang merah dan daging ayam. Yang paling penting beras kita kontrol dan masih seperti yang kita harapkan," ujarnya.

Selain itu, ia mengharapkan adanya peran pemerintah daerah dalam menjaga daya beli masyarakat agar laju inflasi nasional tidak bergejolak karena ketiadaan pasokan bahan makanan menjelang pertengahan tahun.

"Kemarin Presiden dalam rapat TPID telah meminta supaya setiap pemerintah kabupaten kota untuk peduli dengan pengendalian inflasi karena kalau tidak terkontrol daya beli masyarakat akan berkurang," katanya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat inflasi pada Mei 2015 sebesar 0,5 persen, atau tertinggi dalam tujuh tahun terakhir pada bulan yang sama, yang dipicu oleh kenaikan harga bahan makanan menjelang puasa dan lebaran.

Dengan inflasi Mei sebesar 0,5 persen, maka inflasi tahun kalender Januari-Mei 2015 mencapai 0,42 persen dan laju inflasi secara tahunan (yoy) 7,15 persen. Sedangkan, inflasi komponen inti 0,23 persen dan Inflasi inti secara tahunan (yoy) 5,04 persen.

Komoditas yang mengalami kenaikan harga dan menyumbang inflasi antara lain cabai merah, daging ayam ras, telur ayam ras, bawang merah, bawang putih, ikan segar, tarif listrik, tomat sayur dan cabai rawit. Namun, harga beras masih relatif stabil bahkan menyumbang deflasi pada Mei.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015