Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Sembilan kelompok tani di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendapatkan bantuan masing-masing satu traktor tangan dalam rangka mendukung program swasembada pangan nasional.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Abdya Maswadi saat dihubungi dari Meulaboh, Selasa menyatakan, penyerahan hand traktor itu juga dalam rangka peningkatan sarana dan prasarana di sektor pertanian, sehingga program swasembada pangan segera terwujud.

Sebelumnya, Dinas Pertanian Abdya juga telah menyalurkan 51 unit traktor tangan kepada kelompok tani di wilayahnya yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat dengan sumber anggaran APBN 2014.

Sedangkan yang 9 unit traktor bantuan dari pemerintah pusat tahun 2015 ini diberikan 2 unit untuk kelompok tani Kecamatan Susoh, 3 unit untuk Kecamatan Blangpidie, 2 unit untuk Kecamatan Jeumpa, Kecamatan Tangan-Tangan dan Kecamatan Setia masing-masing 1 unit.

Kemudian, kelompok tani di Kecamatan Susoh yang mendapatkan bantuan traktor dari pemerintah tahun 2015 ini masing-masing kelompok tani Paya Keulumbu Desa Paya keulumbu dan kelompok tani Blang Putek Desa Pante Perak.

Kemudian, Kecamatan Blangpidie masing-masing untuk kelompok tani Makmu Nangroe Desa Keude Siblah, kelompok tani Lhung Beunot Desa Baharu dan kelompok tani Ingin Maju Bersama Desa Alue Manggota. Sedangkan untuk Kecamatan Jeumpa masing-masing kelompok tani Ingin Maju Desa Cot Mane dan kelompok tani Kuburan Syahid Desa Ladang Neubok.

"Jadi, 2 unit lagi kita berikan kepada kelompok tani Bina Makmur Desa Drien Kipah, Kecamatan Tangan-Tangan 1 unit dan 1 unit lagi untuk kelompok tani Beudoh Setia Desa Lhang, Kecamatan Setia," tuturnya.

Maswadi menyebutkan, bantuan alat bajak sawah dari Refoccusing APBN-P 2015 ini disalurkan kepada kelompok-kelompok tani berdasarkan hasil CPCL yang telah dilakukan oleh tim dari Dinas Pertanian beberapa waktu lalu.

"Jadi, kita berikan bantuan ini pada kelmpok yang layak menerima agar tepat sasaran. kelompok tani yang mendapatkan bantuan alsintan ini harus mematuhi segala ketentuan yang telah di atur dalam surat perjanjian kerjasama operasinal," katanya.

Amatan di lapangan, penyerahan 9 unit hand traktor bantuan pemerintah pusat berlangsung di halaman kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Abdya, alat bajak sawah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Dandim 0110 Letkol Inf Suhartono yang disaksikan oleh para mahasiswa Unsyiah Banda Aceh, Kepala Badan Penyuluh Ruslan Adli, Kadis Distanak Maswadi serta seluruh kepala bidang pada dinas pertanian dan penyuluh Abdya.

Pewarta: Anwar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015