Montreal (ANTARA News) - Juara Formula 1 Lewis Hamilton melupakan kekecewaannya di Monaco untuk menorehkan waktu tercepat pada sesi latihan pertama untuk Grand Prix Kanada pada Jumat.

Pebalap Britania itu, yang moralnya sempat merosot akibat kekecewaan setelah dikalahkan rekan setimnya Nico Rosberg akibat blunder pitstop 12 hari silam, dengan mudah mencatatkan waktu tercepat di Sirkuit Gilles Villeneuve.

Catatan waktu tercepat Hamilton adalah satu menit 16,212 detik yang 0,145 detik lebih cepat daripada upaya tercepat Rosberg, di mana Mercedes kembali dominan di trek yang jalur-jalur panjangnya membuat mesin dapat dipaksa melaju maksimal, namun sekaligus menjadikan tantangan tersendiri pada saat mengerem.

Hamilton, tiga kali juara di Grand Prix Kanada yang unggul sepuluh angka atas Rosberg setelah enam balap, sedikit terpuntir pada tikungan kesepuluh namun tidak ada konsekuensi yang harus ditanggungnya.

Mobil-mobil yang mesinnya disokong Mercedes mengisi empat slot teratas pada sesi pembukaan yang berawan, setelah hujan ringan di pagi hari, di mana Romain Grosjean yang membela Lotus menduduki posisi ketiga dengan lebih lambat satu setengah detik lebih dari Hamilton.

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel mencatatkan waktu tercepat urutan kelima, di belakang pebalap Force India Nico Hulkenberg.

Fernando Alonso, yang masih mengejar angka-angka pertamanya di musim ini, menjadi yang tercepat urutan sembilan untuk McLaren yang disokong Honda, sedangkan pebalap Belanda berusia 17 tahun Max Verstappen berada di urutan kesepuluh untuk Toro Rosso yang mesinnya disokong Renault.

Rekan setim Verstappen, pebalap pemula asal Spanyol Carlos Sainz mengalami sesi yang bermasalah dan harus kembali ke garasi setelah berhenti di ujung pitlane. Ia juga sempat terpntir pada pagi hari. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015