Jakarta (ANTARA News) - Apple resmi mengumumkan layanan musik streaming Apple Music dalam konferensi pengembang Worldwide Developers Conference di San Franciso, Senin waktu setempat.

Selain melayani permintaan streaming, Apple Music juga menawarkan Beats One, stasiun radio yang disiarkan secara langsung ke seluruh dunia setiap hari selama 24 jam dari tiga kota - New York, Los Angeles dan London.

Apple Music juga dilengkapi fitur Connect yang memungkinkan para artis untuk mengunggah musik, video atau foto mereka yang dapat secara langsung dinikmati oleh para penggemar mereka.

Hal itu membut Apple Music berbeda dari para pesaingnya. Fitur tersebut menciptakan koneksi yang lebih langsung antara artis dan penggemar.

Melalui fitur Connect, penggemar juga dapat "mengikuti" artis ala Twitter, untuk mengetahui hal-hal baru yang sedang dikerjakan idola mereka.

Apple Music akan berfungsi melalui sebuah aplikasi khusus untuk iOS yang dapat diunduh di App Store. Untuk selanjutnya, layanan tersbut juga akan hadir di iTunes.

Apple Music juga memiliki fitur "For You" yang merupakan daftar rekomendasi lagu dan album untuk didengarkan yang disesuaikan dengan selera musik pengguna.

Tidak seperti yang ditawarkan sejumlah kompetitornya, Apple Music menggunakan algoritma dan sentuhan manusia untuk menilai, yang berarti bahwa daftar rekomendasi lagu berasal dari para ahli musik terkemuka.

Deretan lagu dan album di iTunes juga terdaftar di Apple Music. Software asisten pintar Siri juga "turun tangan" di Apple Music, memungkinkan pengguna untuk meminta lagu dari film tertentu, misalnya.

Aplikasi Apple Music juga memiliki akses ganda, baik ke penyimpaan lokal (PC) pengguna, maupun music library Apple.

Apple Music akan diluncurkan pada 30 Juni mendatang di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Layanan tersebut akan dikenakan biaya 9,99 dolar AS/bulan untuk satu pengguna, atau 14,99 dolar AS/bulan untuk keluarga berjumlah 6 orang, dengan keuntungan bebas biaya berlangganan selama tiga bulan pertama.

Aplikasi Apple Music akan menjadi bagian dari iOS 8.4, yang akan dirilis pada akhir bulan ini untuk iPhone, iPad, dan iPod touch.

Kabar lain menyebutkan bahwa Apple saat ini tengah mengerjakan aplikasi Android untuk layanan musik streaming yang akan mulai tersedia pada musim gugur mendatang, demikian seperti dilansir laman GSM Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015