Semua koordinasi terpusat di gedung ini jika terjadi bencana alam di wilayah NTT,
Kupang (ANTARA News) - Pemerintah Australia memberikan bantuan perlengkapan penanggulangan bencana alam kepada pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat yang dilakukan di gedung Pusat Pengendalian Operasi (PUSDALOPS) Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Ini merupakan bantuan ketiga dari Pemerintah Australia kepada BNPB untuk membantu menangani berbagai permasalahan yang berkaitan dengan bencana alam," kata Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BNPB Indonesia Bagus Thajono, di Kupang, Rabu.

Ia menjelaskan saat ini selain di Kupang NTT, gedung serta perlengkapan khusus penanggulangan bencana alam juga dibangun di Padang, Sumatra Barat serta Makasar.

"Bangunan ini nantinya akan diserahkan kepada BNPB Daerah agar bisa digunakan sebagai pusat penanggulangan bencana. Semua koordinasi terpusat di gedung ini jika terjadi bencana alam di wilayah NTT," katanya.

Pusdalops PB merupakan sarana yang disiapkan sedemikian rupa yang dimaksudkan untuk membantu Kepala Badan PB di tingkat Pusat dan Daerah pada proses pengambilan keputusan dalam koordinasi, komando dan pelaksanaan PB tahap pada pra bencana, saat bencana, tanggap darurat dan pasca bencana.

Bagus menjelaskan, pada saat terjadi bencana, informasi yang cepat, tepat dan akurat perlu dikuasai dan dikelola secara baik sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi kebijakan Penanggulangan Bencana.

Untuk menangani permasalahan bencana alam, Bagus mengatakan, konflik-konflik tanah, perang serta hal-hal yang berakibatkan keutuhan NKRI juga dapat dipantau melalui Pusdalops, karena mempunyai konelsi langsung ke satelit untuk memonitoring langsung.

"Sebentar lagi akan ada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) gubernur bisa memantau dari tempat ini. Segala macam hal yang dapat menimbulkan konflik saat pilkada dapat langsung diketahui oleh gubernur," katanya.

Sementara itu, perwakilan dari Kedutaan besar Australia Kepala Bagian Politik dan Ekonomi Bradley Armstrong , ketika ditanyai terkait bantuan tersebut, ia mengatakan saat ini pemerintahnya sedang mempunyai program untuk membantu Indonesia, khususnya wilayah Indonesia Timur, mengingat potensi bencananya sangat besar.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015