Kami mohon dukungan semua pihak termasuk dari pemerintah untuk memberikan fasilitas agar atlet dapat berlatih lebih baik dan mencapai peringkat lebih tinggi pada SEA Games 2017
Singapura (ANTARA News) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengharapkan dukungan pemerintah untuk memfasilitasi atlet agar dapat meningkatkan prestasi pada SEA Games yang akan datang. 

"Kami mohon dukungan semua pihak termasuk dari pemerintah untuk memberikan fasilitas agar atlet dapat berlatih lebih baik dan mencapai peringkat lebih tinggi pada SEA Games 2017," kata Ketua Umum KOI Rita Subowo seusai pertandingan final bulu tangkis SEA Games 2015 di Singapore Indoor Stadium Singapura, Selasa.

Rita Subowo mengatakan dukungan fasilitas yang diharapkan dari pemerintah berupa keikutsertaan atlet-atlet Indonesia dalam kompetisi-kompetisi internasional.

Tentang hasil yang diraih kontingen Indonesia pada SEA Games 2015 yang berakhir hari ini, Rita menyebut usaha para atlet untuk merebut medali bagi kontingen Indonesia sudah maksimal.

"Tentunya masyarakat akan kecewa dengan hasil itu karena kontingen kita hanya meraih peringkat lima. Tapi, kita harus melihat kenyataan ini sebagai usaha maksimal para atlet, pembina, dan tim pendukung," kata Rita.

Ia mengatakan, KOI akan mengevaluasi seluruh hasil yang telah diraih kontingen Indonesia dalam 32 cabang dari 36 cabang olahraga yang diperlombakan pada SEA Games ke-28 itu.

Kontingen Indonesia dalam sejumlah cabang olahraga tidak memenuhi target medali emas yang telah ditetapkan pada SEA Games 2015 seperti renang yang hanya meraih satu medali emas, pencak silat dengan tiga medali emas, biliar dengan satu perunggu dari dua medali emas yang ditargetkan.

"Tentu kami akan duduk bersama, seperti dengan federasi renang. Kami mengharapkan cabang renang mampu merebut banyak medali bagi kontingen. Tapi, sedikit sekali yang diraih tim Indonesia. Itu akan menjadi evaluasi bagi kami," kata Rita.

Kontingen Indonesia menempati peringkat kelima dalam perolehan medali SEA Games 2015 dengan 47 medali emas, 61 medali perak, dan 74 medali perunggu.

Peringkat Indonesia itu berada di bawah kontingen Thailand (95 emas, 83 perak, 69 perunggu), kontingen Singapura (84 emas, 73 perak, 102 perunggu), kontingen Vietnam (73 emas, 53 perak, 60 perunggu) dan
Malaysia (62 emas, 58 perak, 66 perunggu).

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015