Cianjur (ANTARA News)- Memasuki bulan puasa, pengiriman uang melalui wesel ke Kantor Pos Indonesia Cabang Cianjur, Jabar, meningkat, terhitung sejak 1 hingga 18 Juni, total wesel yang masuk mencapai Rp49,9 miliar.

Suhana Manager Pemasaran Kantor Pos Cianjur, di Cianjur, Kamis, mengatakan, sebagian besar pengirim wesel tersebut berasal dari warga Cianjur yang bekerja atau tinggal di luar negeri terutama negara di timur tengah.

"Selebihnya berasal dari negara di Asia yaitu malaysia dan Singapura, banyaknya dari Arab Saudi. Meski kebanyakan warga Cianjur menjadi TKW di sana, saya tidak dapat memastikan apa mereka TKW atau bukan. Yang jelas kebanyakan pengirim dari Arab Saudi," katanya.

Jumlah transaksi tahun ini, melalui pihaknya, ungkap dia, meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan jumlah uang yang dikirim bervafiatif, mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah."Nilainya variatif, mungkin disesuaikan dengan kebutuhan keluarganya di sini," katanya.

Meningkatnya kiriman melalui wesel pos tersebut, membuat pihaknya menambah jadwal pelayanan, agar ribuan nasabah yang datang setiap harinya, dapat terlayani untuk mencairkan kiriman uang tersebut.

Selama ini tambah dia, pengiriman lewat wesel pos masih menjadi idola bagi warga Cianjur yang berada di luar negeri karena poses pencairan yang mudah."Karena mudah jadi pengiriman melalui wesel lebih dipilih warga untuk mengirimkan uang pada keluarganya," kata Suhana.

Ia menuturkan, menjelang hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah, tepatnya mulai H-7 total pengirim diperkirakan akan menglami lonjakan yang lebih signifikan."Menjelang lebaran mungkin uang yang dikirimkan bisa mencapai Rp100 miliar," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015