ANTARA News) - Komisi IV DPR RI akan melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke beberapa daerah untuk memastikan tersedianya kebutuhan sembilan bahan pokok saat puasa dan Idul Fitri.

"Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian mengatakan stok sembako untuk puasa dan Idul Fitri cukup. Tapi di pasar-pasar bergejolak. Oleh karena itu kita akan melakukan peninjauan pekan depan," kata anggota Komisi IV DPR RI, Sudin di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Ia menyebutkan, saat ini gejolak kebutuhan pokok terus terjadi. Harga daging merangkak naik hingga Rp120 ribu perkilo. Belum lagi harga cabe, bawang merah dan lainnya. Yang jadi masalah, Pemerintah seperti pemadam kebakaran dan menyuruh Bulog disuruh jual bawang.

Ia juga meminta pemerintah untuk mengubah pola pikir petani dalam menanam kebutuhan pokok untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kebutuhan bahan pangan yang berimplikasi pada tinggi harga-harga.

"Harusnya berdayakan petani, pola pokir petani harus diubah. Misalnya, daerah A menanam ini, daerah B menanam itu. Sehingga ada sinergi dan tidak hanya terpusat di pulau Jawa semata. Setiap daerah punya tanaman sendiri," kata politisi PDIP itu.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015