Jakarta (ANTARA News) - Apple, Adobe, Dropbox dan Yahoo mendapatkan nilai terbaik dalam survei keamanan data pelanggan oleh Electronic Frontier Foundation (EFF).

Dalam penilaiannya, EFF menilai, apakah perusahaan tersebut mengikuti praktik industri yang dapat diterima, menyampaikan kepada pengguna tentang tuntutan data pemerintah, mengungkapkan kebijakan retensi data, menyampaikan permintaan penghapusan konten pemerintah dan memiliki kebijakan publik yang pro pengguna.

Menurut laman Phone Arena, Minggu, jika memenuhi kriteria, EFF memberikan satu bintang untuk masing-masing kategori.

Keempat perusahaan tersebut, Apple, Adobe, Dropbox dan Yahoo, masing-masing mendapatkan satu bintang untuk kelima kategori yang disurvei.

Twitter, Facebook dan Reddit, masing-masing memperoleh empat bintang, yang membuat mereka menjadi yang terbaik dalam kategori aplikasi pesan instan.

Sementara WhatsApp, hanya mendapatkan satu bintang dalam survei ini. Perusahaan besar lainnya seperti Google, Microsoft, Snapchat dan Tumblr, masing-masing menerima tiga bintang.

Selain itu, operator nirkabel turut mendapat penilaian, di mana Verizon memperoleh dua bintang dan AT&T hanya meraih satu bintang.

Tahun lalu, EFF melakukan penilalain melalui enam kriteria. Perusahaan yang mendapatkan nilai tertinggi kala itu adalah Apple, Facebook, Dropbox, Google, Microsoft, Twitter dan Yahoo.

Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015