Purwokerto (ANTARA News) - Stasiun Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menjadi salah satu lokasi bongkar dan muat angkutan sepeda motor gratis dalam program kerja sama PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Kementerian Perhubungan pada masa Angkutan Lebaran 2015.

"Pada masa Angkutan Lebaran 2014, di wilayah PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto hanya ada satu lokasi bongkar dan muat angkutan sepeda motor gratis, yakni di Stasiun Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Namun pada lebaran tahun ini, Stasiun Kroya turut menjadi lokasi bongkar dan muat angkutan sepeda motor gratis," kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Jumat.

Dengan demikian, kata dia, Stasiun Kroya akan melayani bongkar dan muat angkutan sepeda motor gratis bagi warga Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Wonosobo.

Sementara Stasiun Kutoarjo melayani bongkar dan muat angkutan sepeda motor gratis bagi warga Kabupaten Purworejo, Kebumen, Magelang, dan sekitarnya.

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa angkutan sepeda motor gratis itu akan dilaksanakan dari H-6 Lebaran (11 Juli) hingga H-2 Lebaran (15 Juli) untuk masa mudik lebaran dan H+3 Lebaran (21 Juli) hingga H+7 Lebaran (25 Juli) untuk masa arus balik.

Menurut dia, untuk lintas selatan disediakan satu rangkaian KA khusus angkutan sepeda motor gratis dengan rute Jakartagudang-Solojebres dan akan membawa rangkaian 10 gerbong jenis B dan satu gerbong pembangkit (generator).

"Kapasitas per gerbongnya 50 motor sehingga setiap hari untuk lintas selatan bisa mengangkut 500 motor. Kereta api angkutan sepeda motor gratis lintas selatan ini akan berhenti di Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Solojebres," katanya.

Ia mengatakan bahwa masyarakat yang akan memanfatkan angkutan sepeda motor gratis dengan KA bisa melakukan pendaftaran secara "online" maupun "offline".

Menurut dia, pendaftaran secara "online" dibuka pada 1-30 Juni 2015 melalui laman http://mudikgratis.dephub.go.id namun hanya untuk angkutan sepeda motor saja atau tanpa tiket penumpang.

Sementara untuk pendaftaran angkutan sepeda motor tanpa tiket penumpang secara "offline", kata dia, dibuka mulai 10 Juni hingga 10 Juli 2015 di Stasiun Jakartagudang, Bekasi, dan Kantor Kementerian Perhubungan di Jakarta.

"Pendaftaran angkutan sepeda motor gratis bersama pembelian tiket penumpang dibuka mulai 15 Juni hingga 8 Juli 2015 di tempat yang sama. Jadi, setelah mendaftarkan sepeda motornya, pemilik bisa membeli maksimal dua tiket KA Kutojaya Utara Lebaran dengan tarif subsidi (PSO)," katanya.

Menurut dia, penyerahan sepeda motor oleh pemilik untuk diangkut harus dilakukan paling lambat sehari sebelum dibawa menggunakan KA dengan membawa bukti pendaftaran pengiriman dan surat tanda nomor kendaraan (STNK) asli.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015