Cirebon (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, membuka pendaftaran program layanan angkutan motor gratis di Stasiun Cirebon Prujakan, untuk masa arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Kami membuka posko angkutan motor gratis di Stasiun Cirebon Prujakan," kata Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Ayep Hanapi di Cirebon, Selasa.

Ayep mengatakan layanan angkutan motor gratis merupakan program dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan yang diadakan setiap tahun.

Menurutnya program tersebut untuk masyarakat yang akan mudik beserta dengan motor yang diangkut menggunakan kereta api secara gratis. Dengan tujuan menurunkan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran.

Untuk di KAI Daop 3 Cirebon, terdapat satu posko layanan program tersebut yaitu Stasiun Prujakan, di mana masyarakat yang akan mengikuti program tersebut bisa datang secara langsung ke tempat, atau bisa melalui laman mudikgratis.dephub.go.id.

"Angkutan mudik motor gratis akan diberangkatkan pada 11 sampai dengan 20 April 2023, sedangkan angkutan balik dilaksanakan pada 25 April sampai 4 Mei 2023," tuturnya.

Ayep menambahkan untuk layanan program tersebut khusus dari Stasiun Cirebon Prujakan, bisa memilih dua jalur yaitu yang mengarah ke Stasiun Semarang jalur Utara, dan Stasiun Purwosari di jalur tengah.

Menurutnya pendaftaran sendiri masih berlangsung hingga 3 Mei 2023 dengan melampirkan persyaratan seperti KTP, SIM yang masih berlaku, Kartu Keluarga dan STNK serta besaran motor kurang dari 200CC.

"Masyarakat dapat menikmati layanan tarif Rp0 untuk angkutan motor dan hanya Rp10 ribu sampai Rp20 ribu untuk tarif penumpangnya," kata Ayep.

Baca juga: PT KAI sediakan angkutan sepeda motor gratis tujuan Solo

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023