KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik.....
Solo (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) menyediakan angkutan sepeda motor gratis tujuan Solo yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan RI.
 
EVP Daops 6 Yogyakarta Raden Agus Dwinanto Budiadji melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Solo, Senin, mengatakan KAI sebagai BUMN operator perkeretaapian mendukung penuh program motor gratis ini untuk memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa sepeda motornya ke kampung halaman.
 
"KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan motor gratis," katanya pula.
 
Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, menurut dia, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2023 ini.
 
Ia mengatakan pendaftaran program motor gratis 2023 telah dimulai sejak 1 Maret-3 Mei 2023 melalui mudikgratis.dephub.go.id atau langsung melalui Posko Motis di wilayah Daops 6 Yogyakarta, yaitu di Stasiun Purwosari dan Stasiun Lempuyangan.
 
Dia mengatakan angkutan tersebut akan diberangkatkan pada 11-20 April, sedangkan pada angkutan balik akan dilaksanakan pada 25 April-4 Mei 2023.
 
"DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan motor gratis dengan pelayanan KA PSO (public service obligation) yang akan melayani tiga lintas pelayanan, yaitu lintas utara dengan rute Cilegon-Jakarta Gudang-Semarang Tawang, lintas tengah dengan rute Jakarta Gudang-Purwosari, dan lintas selatan dengan rute Kiaracondong-Purwosari," katanya lagi.
 
Ia mengatakan masyarakat dapat menikmati layanan tarif Rp0 untuk angkutan motor dan Rp10.000-20.000 untuk tarif penumpangnya.
 
Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Djarot Tri Wardhono mengatakan pada program motor gratis tahun ini DJKA Kemenhub akan menyiapkan sebanyak 10.440 slot sepeda motor secara gratis dan 46.720 tempat duduk penumpang.
 
Pihaknya berharap dengan program tersebut perjalanan mudik masyarakat lebih terakomodasi dengan baik.
 
"Momen ini sekaligus mengajak masyarakat agar dapat mudik dengan aman, nyaman, dan selamat karena melihat data-data periode Lebaran sebelumnya, tingkat kecelakaan kendaraan roda dua selama periode mudik cukup tinggi sehingga dengan adanya program motis ini diharapkan laka lantas roda dua dapat diminimalisasi," katanya pula.
Baca juga: Kemenhub gandeng KAI selenggarakan angkutan motor gratis Lebaran 2020
Baca juga: KAI: Masih ada 3.040 kuota pengiriman motor gratis periode arus balik

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023