Seoul (ANTARA News) - Samsung berencana untuk meluncurkan lebih banyak handset dengan sistem operasinya sendiri, Tizen, pada akhir tahun ini.

Produsen smartphone asal Korea Selatan itu akan meluncurkan sejumlah smartphone Tizen dengan harga yang bervariasi, demikian menurut seorang sumber kepada Reuters.

Sementara, juru bicara Samsung menolak untuk berkomentar terkait hal itu.

Melalui sistem operasi Tizen, analis mengatkan, Samsung ingin membangun ekosistemnya sendiri yang saat ini tengah digunakan dalam produk televisi dan smartwatch-nya.

Namun, menurut analis, Samsung membutuhkan lebih banyak handset dengan sistem operasi tersebut untuk memperluas basis pengguna dan menarik pengembang pihak ketiga.

Samsung telah meluncurkan smartphone Tizen pertamanya Z1 di India pada Januari lalu, dan telah memasarkan perangkat tersebut ke Sri Lanka dan Bangladesh.

Samsung Z1 sejauh ini dilaporkan telah terjual sebanyak 1 juta unit di India, pasar smartphone terbesar ketiga di dunia.

Sementara itu, Counterpoint Research dalam laporannya bulan Mei menyebutkan bahwa Samsung Z1 juga menjadi smartphone terlaris di Bangladesh pada Januari-Maret.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015