Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menegaskan, pemerintah menginginkan kegiatan perekonomian rakyat berjalan untuk menjadi salah satu pilar penting dalam menyangga perekonomian nasional.

"Saat ini pemerintah terus-menerus berusaha untuk mengendalikan inflasi melalui operasi pasar, melalui pasar murah dan saat yang sama memacu laju kegiatan ekonomi rakyat di berbagai program bantuan usaha mikro kecil menengah, bantuan sosial maupubn PKBL BUMN. Prinsipnya kita ingin kegiatan ekonomi rakyat berjalan," kata Presiden saat membuka rapat terbatas membahas perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa.

Presiden mengatakan, untuk mendorong akselerasi usaha pada sektor ini, pemerintah harus memastikan efektifnya sarana-sarana pendukungnya.

"Para menteri, saya minta segera proses validasi, cepat koordinasi dengan BPS, baik bantuan dan jaminan sosial direalisasikan dan tepat sasaran. Saya ingin percepatan realisasi program bantuan untuk rakyat," kata dia.

Dia menambahkan, "sebab itu penyaluran semua program realisasikan, identifikasi mana yang darurat dan cepat, terutama sektor produktif."

Hadir dalam rapat kabinet Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Koperasi dan UKM Puspa Yoga, dan  sejumlah pejabat lainnya.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015