New York (ANTARA News) - Harga saham-saham Wall Street ditutup lebih tinggi pada Jumat (Sabtu dinihari WIB) setelah data ekonomi AS optimis dan menteri-menteri keuangan zona euro menyetujui program dana talangan (bailout) ketiga untuk Yunani.

Tiga indeks utama mengakhiri minggu ini dengan menguat tipis, memantul kembali dari kerugian sebelumnya pada awal pekan akibat kekhawatiran atas perlambatan di Tiongkok dan devaluasi yuan.

Kenaikan pada saham retailer membantu mendorong pasar. Baik Nordstrom (JWN.N) maupun JC Penney (JCP.N) naik setelah data department store diumumkan lebih baik dari perkiraan hasil kuartalan.

Saham mencapai tertinggi di akhir sesi setelah menteri keuangan Belgia mengatakan kepada Reuters di Brussels bahwa menteri keuangan zona euro telah sepakat untuk penyusunan nota kesepahaman oleh negosiator kelembagaan, "dengan beberapa langkah-langkah tambahan."

Meskipun devaluasi mata uang Tiongkok menambahkan beberapa ketidakpastian terhadap prospek untuk kenaikan suku bunga Federal Reserve, sebagian besar pelaku pasar dan ekonom masih mengharapkan kenaikan pada September nanti.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 69,15 poin atau 0,4 persen ke 17.477,4, sementara S & P 500 naik 8,15 poin atau 0,39 persen menjadi 2.091,54.

Indeks komposit Nasdaq yang berayun 167 poin dari terendah minggu ini yang tertinggi, naik 14,68 poin atau 0,29 persen ke 5.048,24.

Untuk minggu ini, Dow naik 0,6 persen, S & P 500 naik 0,7 persen dan Nasdaq naik 0,1 persen.

Data ekonomi terbaru telah diikuti data ketenagakerjaan dan penjualan ritel yang kuat untuk Juli, yang secara keseluruhan diperkirakan bahwa kuartal ketiga menuju awal yang sehat.

Sembilan saham dari 10 sektor S & P 500 berakhir lebih tinggi.

Saham energi berakhir turun 0,2 persen. Namun, secara mingguan naik 3,2 persen, kenaikan terbesar sejak Maret.

JC Penney naik 5,6 persen pada $8,52, Nordstrom melonjak 4,3 persen menjadi $78,13 dan merupakan salah satu presentase kenaikan terbesar  di S & P 500, sementara indeks retail S & P naik 0,4 persen.

Saham operator restoran El Pollo Loco  turun 20,7 persen menjadi $14,56, di bawah harga IPO, setelah hasil kuartalan yang lemah.

Sysco naik 7,4 persen menjadi $41,38 setelah Nelson Peltz melaporkan 7 persen saham di distributor makanan itu dan mengatakan ia akan mencari perwakilan untuk duduk di dewan perusahaan.

Sekitar 5,2 miliar saham berpindah tangan di bursa AS, di bawah 7,1 miliar rata-rata harian untuk bulan ini sampai sekarang, demikian kata Reuters mengutip BATS Global Markets.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015