Jakarta (ANTARA News) - Tiga sekolah akan tampil dalam grand final Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR RI, yaitu SMA Negeri 1 Mojokerto Jawa Timur, SMA Negeri 1 Ciomas Banten, dan SMA Negeri 1 Wonosobo Jawa Tengah.

Ketiga sekolah itu maju ke babak grand final setelah mengalahkan lawan-lawannya di babak final yang berlangsung di Gedung Nusantara IV Kompleks MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Senin.

Siaran pers MPR, menyebutkan bahwa grand final LCC akan berlangsung di tempat yang sama pada Selasa (18/8) bersamaan dengan peringatan Hari Konstitusi. Acara tersebut dijadwalkan akan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sebelumnya, tiga sekolah telah bertanding pada penyisihan pertama final LCC, yaitu SMA Negeri 1 Sungai Raya Kalimantan Barat, SMA Negeri 1 Mojokerto Jawa Timur, dan SMA Negeri 28 Jakarta.

Dalam penyisihan ini SMA Negeri 1 Mojokerto unggul dengan perolehan nilai 193, diikuti SMA Negeri 28 Jakarta dengan nilai 153, dan SMA Negeri 1 Sungai Raya dengan nilai 143.

Sementara pada penyisihan kedua babak final, bertanding SMA Negeri 1 Polewali Sulawesi Barat, SMA Negeri 1 Ciomas Banten, dan SMA Negeri 1 Mataram Nusa Tenggara Barat.

SMA Negeri 1 Ciomas dan SMA Negeri 1 Mataram bersaing ketat. Akhirnya, SMA Negeri 1 Ciomas berhasil unggul dengan nilai 210 disusul SMA Negeri 1 Mataram dengan meraih 193, dan SMA Negeri Polewali dengan nilai 163.

Sedangkan penyisihan ketiga menampilkan SMA Negeri 10 Samarinda Kalimantan Timur, SMA Negeri 1 Wonosobo Jawa Tengah, dan SMA Negeri 2 Palangka Raya.

Dalam penyisihan ketiga ini, keluar sebagai pemenang SMA Negeri 1 Wonosobo dengan nilai 204, di tempat kedua SMA Negeri 2 Palangka Raya, dan SMA Negeri 10 Samarinda di tempat ketiga.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015