Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Oesman Sapta mengatakan akan terus mengawal berlangsungnya Lomba Cerdas Cermat (LCC) MPR karena sangat penting dalam menumbuhkan nasionalisme di kalangan generasi muda.

"Saya akan selalu memperjuangkan agar kegiatan LCC, ini bisa terus berlangsung. Bahkan saya akan keluar dari MPR jika LCC sampai ditiadakan", katanya di hadapan 340 peserta LCC MPR di Jakarta, Senin.

Melalui siaran pers MPR, Oso berharap, peserta LCC tingkat SLTA se-Indonesia tersebut tidak semata untuk mencari kemenangan, tetapi lebih mempererat persahabatan dan tali persaudaraan, karena akan turut berkontribusi dalam keutuhan NKRI.

LCC MPR mengusung materi empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) serta Ketetapan MPR RI.

Oesman Sapta mengatakan, ada sekelompok orang yang sering mengatakan empat pilar itu tidak penting karena sudah usang dan ketinggalan zaman, padahal, keutuhan NKRI ditentukan oleh rasa nasionalisme.

Karena itu, lanjutnya, tidaklah benar jika empat pilar dianggap sudah usang, bahkan sampai kapanpun sosialisasi empat pilar itu harus dilakukan agar setiap warga negara mengetahui dan memahami nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015