Komitmen kami mendukung pengembangan infrastruktur nasional, terlebih bagi proyek-proyek yang siap dan jelas kajian studinya, termasuk proyek jalan tol Pejagan-Pemalang yang digarap PT WK,"
Jakarta (ANTARA News) - PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) bersama lembaga pembiayaan lainnya sepakat untuk mendukung pendanaan kepada PT Waskita Karya (WK) sebesar Rp700 miliar untuk pengembangan jalan tol Pejagan-Pemalang.

"Komitmen kami mendukung pengembangan infrastruktur nasional, terlebih bagi proyek-proyek yang siap dan jelas kajian studinya, termasuk proyek jalan tol Pejagan-Pemalang yang digarap PT WK," kata Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini di Jakarta, Jumat.

Emma dalam acara penandatanganan perjanjian fasilitas pembiayaan antara PT SMI dan PT WK mengatakan tambahan modal kerja ini akan difokuskan untuk mengakselerasi pembangunan jalan tol Pejagan-Pemalang Seksi Satu dan Seksi Dua, sepanjang 20,2 kilometer.

Proyek jalan tol Pejagan-Pemalang terdiri dari empat seksi yaitu Seksi Satu menghubungkan Pejagan dan Brebes Barat, Seksi Dua menghubungkan Brebes Barat dan Brebes Timur, Seksi Tiga menghubungkan Brebes Timur dan Tegal Timur serta Seksi Empat menghubungkan Tegal Timur dan Pemalang.

Konstruksi untuk Seksi Satu dan Seksi Dua ditargetkan selesai pada akhir tahun 2016 sehingga dapat beroperasi secara penuh pada tahun 2017.

Keberadaan tol tersebut diperkirakan mampu mendongkrak perekonomian, khususnya di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, meningkatkan konektivitas dan mendukung pengembangan potensi ekonomi daerah.

Selain itu, jalan tol Pejagan-Pemalang yang termasuk dalam jalan tol Trans Jawa ini diharapkan mampu menambah penyerapan tenaga kerja baik selama konstruksi maupun setelah tol tersebut beroperasi.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015