Lagos (ANTARA News) - Militer Nigeria pada Selasa telah menangkap sejumlah orang dan mencegat kendaraan yang diduga membawa bahan bakar dan obat-obatan terlarang untuk kelompok Boko Haram yang melakukan pemberontakan selama enam tahun di bagian timur laut negara itu.

"Menindaklanjuti... arahan kepada tentara di timur laut untuk pencarian yang melelahkan terhadap pengendara dan kargo, pasukan Divisi 3 tentara Nigeria telah mencegat dan menangkap beberapa gembong dan prajurit yang akan memasok teroris Boko Haram dengan obat-obat terlarang dan stimulan lainnya," kata militer dalam sebuah pernyataan.

Menurut militer, penangkapan itu dilakukan pada Selasa di antara kota Depchi dan Geidam di Negara Nagian Yobe yang merupakan sarang pemberontak Boko Haram.

Selain diduga membawa obat-obatan terlarang, kendaraan itu mengangkut bahan bakar, kata pernyataan tersebut, tanpa menyebutkan berapa banyak orang telah ditangkap.

Tentara mengklaim bahwa penemuan yang diduga obat terlarang tersebut sebagai bukti pemberontakan berdarah untuk mendirikan sebuah negara Islam di timur laut Nigeria.

Penggunaan obat-obatan itu dilarang dalam Islam, kecuali untuk tujuan pengobatan.

Pemberontak Boko Haram telah menewaskan sekitar 15.000 orang dan menyebabkan sekitar 2,1 juta orang lainnya mengungsi sejak 2009.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015